Home / Budaya / Rumah Adat Kesultanan Palembang Darussalam Jadi Pusat Rujukan Literasi Sejarah dan Kebudayaan Melayu

Rumah Adat Kesultanan Palembang Darussalam Jadi Pusat Rujukan Literasi Sejarah dan Kebudayaan Melayu

BP/DUDY OSKANDAR Suasana kunjungan sejumlah mahasiswa ke Rumah Adat Kesultanan Palembang Darussalam, Sabtu (12/10).

Palembang, BP–Rumah Adat Kesultanan Palembang Darussalam yeng terletak di Jalan Sultan M Mansyur , Kecamatan IB II Palembang, kini menjadi pusat rujukan berbagai kalangan dalam mencari dan meneliti serta mempelajari literasi, sejarah dan kebudayaan melayu terutama di Palembang.
Sabtu (12/10) sejumlah mahasiswa S2 Jurusan Peradaban Islam UIN Raden Fatah Palembang melakukan kunjungan ke Rumah Adat Kesultanan Palembang Darussalam.
Kedatangan mereka diterima oleh Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jayo Wikramo RM Fauwaz Diraja SH Mkn .
“Karena mereka melakukan penelitian terkait tulisan arab melayu juga ingin sebagai bahan penelitian banyak literasi arab melayu yang bisa dijadikan bahan penelitian S2,” kata Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jayo Wikramo RM Fauwaz Diraja SH Mkn.
Selain itu menurut Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jayo Wikramo RM Fauwaz Diraja SH Mkn datang juga rombongan kedua, yaitu 100 orang lebih Mahasiswa Perpustakaan dari 18 perguruan tinggi se-Indonesia dalam rangka hari perpustakaan , datang ke Rumah Adat Kesultanan Palembang Darussalam ingin melihat literasi yang dimiliki oleh Kesultanan Palembang Darussalam .
“ Kita banyak dan mereka menanyakan masalah penyimpanannya dan bagaimana pengarsipannya, macam-macamlah, tujuannya mereka ingin tahu tidak hanya diperpustakaan, banyak orang-orang diluar perpustakaan juga ternyata memegang literasi-literasi yang bagus untuk kajiannya dan bagus untuk perpustakaannya,” katanya.
Pihaknya juga tengah membangun perpustakaan di Rumah Adat Kesultanan Palembang Darussalam.
“Kita sedangkan siapkan dulu, sarana dan prasarananya dulu seperti lemari, pengarsipan, pendataan buku-buku yang dimiliki saja, bahan-bahan sudah banyak,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pengemudi Etios Silver yang Meledak Shock dan Lemas Usai Selamat

Inderalaya, BP--Yudi Ade Firdaus, pengemudi mobil sedan Etios Valco brand Toyota warga Komplek Griya Lematang 2 0blok DN rt 69/9 ...