Home / Headline / 120 Guru Antusias Ikuti Diseminasi II di SMP N 1 Babat Toman

120 Guru Antusias Ikuti Diseminasi II di SMP N 1 Babat Toman

Babat Toman, BP–Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Babat Toman telah menyelenggarakan kegiatan Diseminasi II untuk para guru sekolah di Kabupaten Musi Banyuasin dengan baik serta sukses, Kamis (10/10/2019). Diseminasi kedua yang bertajuk ‘Model Pakem dan Energizer’ ini membagikan berbagai macam praktik dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

Sajian materi yang diberikan fasilitator sangat menantang seperti Perubahan Paradigma, Model Pakem, dan Cooperative Learning. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muba mendukung penuh pelaksanaan kegiatan ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) guru sekolah di Kabupaten Muba.

Setelah registrasi peserta pada pukul 07.30 – 08.30, kegiatan diseminasi dimulai pukul 09.00 hingga 12.00, berlangsung di empat ruang kelas dengan jumlah peserta 120 guru dari lima kecamatan yakni Plakat Tinggi, Babat Toman, Sanga Desa, Batang Hari Leko, dan Lawang Wetan.

Surianah, SPd selaku Ketua Tim Panitia Diseminasi II menjelaskan, setiap kelas digerakkan oleh satu tim fasilitator, seperti ruang kelas A terdiri atas Hj Husnita, MPd, Imam Irfa’i, SKom I, Nuni Yusvavera, SPd, ruang kelas B Susmiyati, SPd I, Mesradiana, SPd, Dra Jasmaini, MM, Kelas C Fery Andika, SPd, Siti Ikhlas, SPd, Revi Marlita Sari, SPd, dan Kelas D Tim PBG (Pusat Belajar Guru) Kabupaten Muba Rudi Irawan, SPd, MM dan Suprayitno, SPd, MSi, semuanya dilatih oleh tim LSP (Lighthouse School Program) Sampoerna Foundation.

Baca:  Dodi Reza Minta Safe Guard Pelaku Usaha

Mengenai kegiatan tersebut, Kepala Diknas Dikbud Kabupaten Musi Banyuasin Musni Wijaya, SSos,MSi melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian Pembinaan SMP Nazarul Hasan, MPd mengatakan mengapresiasi yang sudah dilakukan oleh SMP N 1 Babat Toman sebagai penyelenggara. “Saya ucapkan terima kasih luar biasa atas partisipasi para guru yang begitu antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan diseminasi,” kata Nazarul saat datang meninjau ke lokasi.

Kegiatan desiminasi kedua merupakan lanjutan kegiatan serupa pada dua bulan yang lalu. Menurut Nazarul, perbedaannya adalah kalau yang sekarang bertema Pakem dan Energizer. Tujuannya adalah untuk mengimbaskan program LSP kepada sekolah terutama guru di sekitar sekolah LSP.

Baca:  Dodi Resmikan 27 Anggota Skuad Sriwijaya FC

“Harapannya agar mutu pembelajaran di sekolah di Kabupaten Musi Banyuasin yang diimbaskan akan ikut meningkat dengan menggunakan metode yang lebih majemuk seperti pakem dan energizer,” ucap Nazarul.

Rudi Irawan, SPd, MM selaku Ketua Umum Pusat Belajar Guru (PBG) Kabupaten Muba mengatakan, “Kami dari PBG Muba sangat berterima kasih diberi kesempatan untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan Diseminasi Pembelajaran Pakem dan Energizer di SMPN 1 Babat Toman. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini yang sangat bermanfaat bagi sekolah serta para guru,” katanya.

Kami melihat teman-teman LSP SMPN 1 Babat Toman sangat serius dalam mempersiapkan event ini dan terbukti acara yang dilaksanakan berjalan dengan lancar, semua peserta merasa senang, antusias karena mendapatkan materi yang menarik sehingga menjadikan mereka lebih termotivasi untuk menerapkan apa yang mereka dapatkan dari kegiatan diseminasi yang dilaksanakan SMPN 1 Babat Toman ini. Harapannya ke depan kegiatan ini bisa kembali dilaksanakan.

Baca:  Sekda Muba Tutup Kejurnas Balap Motor Region IV Sumatera Bupati Muba Cup Prix 2019

Kepala SMPN 1 Babat Toman Sudirman, SPd, MSi selaku tuan rumah penyelenggara mengucapkan terima kasih atas partisipasi para peserta guru perwakilan lima kecamatan.

Diseminasi kedua adalah kelanjutan dari desiminasi satu yang telah kita laksanakan dengan sukses berkat kerja sama yang baik dari Pemkab Muba lewat Dinas Dikbud Kabupaten Muba, 20 sekolah imbas yang diundang dengan peserta 120 guru.

“Harapan kita ke depan apa yang sudah didapatkan para guru bisa diterapkan dalam pengelolaan kegiatan metode pembelajaran di sekolah masing-masing. Sehingga perubahan paradigma dapat sesuai dengan harapan kita semua, Sekolah anyg bermutu, berkarakter, dan berwawasan luas,” tutup Sudirman. #arf

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pengemudi Etios Silver yang Meledak Shock dan Lemas Usai Selamat

Inderalaya, BP--Yudi Ade Firdaus, pengemudi mobil sedan Etios Valco brand Toyota warga Komplek Griya Lematang 2 0blok DN rt 69/9 ...