Home / Headline / Pelantikan Periode Kedua Jokowi, Bupati Empat Lawang Berharap Otonomi Daerah Terjaga

Pelantikan Periode Kedua Jokowi, Bupati Empat Lawang Berharap Otonomi Daerah Terjaga

BP/DUDY OSKANDAR Bupati Kabupaten Empat Lawang H Joncik Muhammad

Palembang, BP–Bupati Kabupaten Empat Lawang H Joncik Muhammad berharap menjelang pelantikan periode kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi) , program yang baik diteruskan dan lebih memperhatikan daerah, kita ingin otonomi daerah terjaga sejak era reformasi awal diimplementasikan seutuhnya .Pelantikan Presiden Jokowi – Wapres Ma’ruf Amin digelar 20 Oktober 2019.

“ Dia melihat banyak dari bagian otonomi daerah yang makin tahun berubah dengan kebijakan undang-undang otonomi daerah, itu kadang bahkan spirit otonomi daerah di berangus oleh pusat, inikita harapkan kepercayaan pusat terhadap daerah, betul-betul percaya penuh , otonomi diserahkan ke daerah,” katanya ketika di temui di DPRD Sumsel, Jumat (11/10).

Selain itu dia berharap kebijakan Jokowi terutama infastruktur diteruskan terutama di daerah.
” Karena model di Empat Lawang, sangat tergantung pusat, kalau menggantungkan pada potensi daerah, enggak mungkin, Empat Lawang itu bisa menjadi daerah otonom, karena kita sangat bergantung dengan DAU, DAK, Tugas Perbantuan dan sebagainya dari pusat, sekali lagi harapan kita menjelang di lantiknya pak Jokowi periode kedua kita berharap presiden Jokowi berpihak pada daerah masin baik, makin terasa dan responsip,” katanya.

Baca:  Alex Noerdin: Empatlawang Harus Kompak dan Bersatu

Sedangkan APBD Kabupaten Empat Lawang tahun 2019 untuk rill belanja langsung pembangunan mencapai Rp180 miliar.
” Seperti dana desa, BOS, POK itu numpang lewat , cuma dicatatkan di APBN, yang riil belanja langsung untuk di kelola pembangunan hanya Rp180 miliar, untuk 2020 kecenderungannya malah menurun, karena bagi hasil migas (DBH) sudah dipastikan Rp15 miliar yang lalu, kita berusaha DBH provinsi melalui pak Gubernur melaui Bangub ada tambahan alokasi di Empat Lawang,” katanya.
Selain mengenai janji politik kepada masyarakat Empat Lawang seperti masalah keamanan, enam bulan pertama zero kejahatan.
Janji mengenai membangun Empat Lawang melalui sektor pertanian sudah dilakukan selama satu tahun ini dengan melakukan pemetaan sektor unggulan di 10 Kecamatan di Empat Lawang berkerjasama dengan berbagai pusat studi diantaranya Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada(UGM) dan Pascasarjana Pertanian UGM dengan menjadikannya modeling pusat pembangunan pertanian terpadu di Empat Lawang dan tahun kedua tahun 2020 akan dimulai dengan lahan 60 hektar.
“ Tahun ketiga akan berdiri semacam akademi pertanian di Empat Lawang yang orang-orangnya dari pemuda desa berbakat di Empat Lawang, minimal tahun pertama satu desa dua pemuda berbakat kita sekolahkan,” katanya.
Selain itu 16 kopi terbaik di Indonesia termasuk di patenkan dan akui salah satunya kopi robusta Empat Lawang, pihak juga sudah menganggarkan kebijakan APBDnya untuk kopi Empat Lawang dan sekarang sudah pameran dan responnya luar biasa terakhir pameran di Jakarta bersama Pemprov Sumsel.
“ Brand ini kita sampaikan kepada masyarakat, kita punya merek, kita punya kualitas ada kopi Empat Lawang, jangan Lampung punya nama, Empat Lawang punya suplai selama ini,” katanya.
Untuk janji kepada guru honorer di Kabupaten Empat Lawang menurut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini akan diangkat menjadi SK Bupati.
“ Saya sudah konsultasi dengan Menpan dan BKN, sepanjang daerah mampu melakukan itu tidak ada persoalan malah pemerintah membuat P3K pegawai kontrak pemerintah, dan sebanyak 1484 orang guru honor sudah diberikan SK Bupati pertahun ini dan bagi mereka sudah mengabdi lebih dari 6 tahun , itu prioritas,” katanya.
Untuk janji kepada masyarakat untuk pengangkatan pejabat Empat Lawang harus zero dari suap, sudah dilakukan.,” Kalau ada pejabat saya meminta suap satu rupiahpun, lapor ke saya, akan saya copot hari itu juga,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pengemudi Etios Silver yang Meledak Shock dan Lemas Usai Selamat

Inderalaya, BP--Yudi Ade Firdaus, pengemudi mobil sedan Etios Valco brand Toyota warga Komplek Griya Lematang 2 0blok DN rt 69/9 ...