Home / Headline / Presiden Joko Widodo Harus Memiliki Staf Khusus Kelautan  

Presiden Joko Widodo Harus Memiliki Staf Khusus Kelautan  

Anton Sihombing

Jakarta, BP–Ketua DPP Golkar Anton Sihombing mengatakan, presiden harus memilih menterinya yang mampu mengikuti irama kerja presiden. Bahkan presiden perlu memiliki staf khusus di bidang kelautan untuk mempercepat proses pembangunan di bidang kelautan.
“Kerja keras dan niat tulus presiden membangun bangsa ini akan lebih cepat terwujud jika pembantunya mampu mengikuti irama kerja dan keinginan presiden,” ujar Ketua Golkar Bidang Tani dan Laut ini di Jakarta, Rabu (9/10).
Menurut Anton, negara Indonesia yang memiliki laut sangat luas sudah saatnya presiden memiliki staf khusus di bidang kelautan. Agar informasi, perkembangan serta masukan soal pelayaran, nelayan, pelabuhan laut bisa langsung sampai ke telinga presiden.
“Sekarang nasib pemilik kapal dan lulusan sekolah pelayaran cukup memprihatinkan. Banyak kapal di pelabuhan tidak beroperasi karena pemilik kapal tidak mampu memenuhi banyaknya aturan dari berbagai instansi. Seperti Bakamla, Dirjen Perhubungan, otoritas pelabuhan dan Menteri Kelautan,” kata Anton.
Banyaknya kapal tidak beroperasi, lanjut dia, berdampak kepada banyaknya lulusan sekolah pelayaran tidak mendapat lapangan kerja.
Ironisnya kata Anton, tahun depan pemerintah memberikan subsidi sekitar 2 triliun rupiah di bidang pelayaran. “Mestinya dana sebesar itu sudah cukup membeli kapal yang dapat mempekerjakan lulusan sekolah pelayaran. Bukan malah mensubsidi,” jelasnya.
Soal impor gula, sapi dan berbagai produk pertanian juga menurut Anton, tidak perlu dilakukan pemerintah apabila menteri terkait serta kepala daerah serius mengelola kekayaan alam indonesia yang dikenal subur.
“Kalaupun impor dilakukan, tapi harus ditangani pihak pemerintah. Bukan diserahkan kepada swasta. Inilah yang menghambat kelancaran pembangunan dan mensejahterahkan rakyat. Banyak pejabat yang tidak memahami atau tidak seirama dengan keinginan presiden, ” papar Ketua Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia ( GINSI) tersebut.#duk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pengemudi Etios Silver yang Meledak Shock dan Lemas Usai Selamat

Inderalaya, BP--Yudi Ade Firdaus, pengemudi mobil sedan Etios Valco brand Toyota warga Komplek Griya Lematang 2 0blok DN rt 69/9 ...