Home / Headline / Yes! Bulan Depan Pengendara di OI Bakal Miliki Smart SIM, Bisa Bayar Tol

Yes! Bulan Depan Pengendara di OI Bakal Miliki Smart SIM, Bisa Bayar Tol

Inderalaya, BP–Setelah dilaunching Dikorlantas Mabes Polri saat peringatan Hut Lalu Lintas pada 22 September lalu di Jakarta, diperkirakan November mendatang para pengendara di Kabupaten Ogan Ilir (OI) bakal memiliki smart SIM.

Kasatlantas Polres OI AKP Desi Ariyanti didampingi Kanit Regident Polres OI Ipda H Rusdi kemarin membenarkan jika bulan depan para pengendara kendaraan bermotor baik motor ataupun mobil dapat menggunakan smart SIM baik C, A, B, B1, B2, dan D.

“Aplikasi smart SIM ini memang program anyar Polri dan berlaku di seluruh Indonesia. Pengendara bisa menggunakan smart sim jika, material SIM lama sudah habis. Saat ini kita masih punya stok 400kartu material sim di Mapolres OI. Saat kartu material lama sudah habis, maka kami akan mengajukan ke Ditlantas Polda Sumsel untuk meminta 1000-2000kartu smart sim,” ujarnya.

Baca:  Banyak Makam Bersejarah Di Ogan Ilir

Disebutkannya smart sim memiliki keunggulan dibandingkan kartu sim lama, antaranya perbedaan tampilan dengan kartu lama, sistemnya sudah terintegrasi data secara elektronik dari kegiatan regident penerbitan sim yang tersimpan dalam chip kartu sim, meliputi data forensik kepolisian data perilaku pengemudi serta uang elektronik.

Ditambahkan Rusdi, smart sim berlaku untuk seluruh jenis sim yaitu C, A, B, B1, B2 dan D. Sementara disinggung soal biaya pembuatan sim tidak ada kenaikan tetap sesuai tarif pnbp lama.

Baca:  Banyak Makam Bersejarah Di Ogan Ilir

“ya sama, sim-nya berlaku per lima tahun, cara mendapatkannya pengemudi harus melakukan tes teori dan praktek. Ini juga masih proses, kita juga akan sosialisasi ke pasar, sekolah, pengajian, kantor dan sebagainya. Bagi pengendara kendaraan yang memiliki sim lama jangan khawatir karena sim lama tetap akan berlaku, sampai pada akhirnya semua pengendara menggunakan smart sim,” jelasnya

Baca:  Banyak Makam Bersejarah Di Ogan Ilir

Ia juga berharap kedepan dengan adanya smart sim, pengendara kendaraan bermotor dapat lebih tertib berlalulintas dikarenakan data perilaku pengemudi dimasukkan dalam smart sim, sehingga setiap saat data tersebut bisa dilihat. #hen

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pengemudi Etios Silver yang Meledak Shock dan Lemas Usai Selamat

Inderalaya, BP--Yudi Ade Firdaus, pengemudi mobil sedan Etios Valco brand Toyota warga Komplek Griya Lematang 2 0blok DN rt 69/9 ...