Home / Hukum / Palsukan Data Pekerja, PPTK Proyek PUBM Sumsel Dibui

Palsukan Data Pekerja, PPTK Proyek PUBM Sumsel Dibui

Diduga memalsukan data gaji pekerja hingga menimbulkan kerugian negara, Yatimura (51), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) proyek pemeliharaan rutin Jalan Muaradua-Kota Batu-batas Provinsi Lampung-OKU Selatan ini harus berurusan dengan hukum.

Palembang, BP

Diduga memalsukan data gaji pekerja hingga menimbulkan kerugian keuangan negara, Yatimura (51), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) proyek pemeliharaan rutin Jalan Muaradua-Kota Batu-batas Provinsi Lampung-OKU Selatan ini harus berurusan dengan hukum.

Setelah dilakukan penyelidikan sejak September 2018, oknum PNS Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel ini ditetapkan sebagai tersangka. Dan hari ini setelah berkas perkara dinyatakan lengkap oleh jaksa, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel, Yatimura dijebloskan ke Rutan Klas 1A Pakjo Palembang.

Kasi Penkum dan Humas Kejaksaan Tinggi Sumsel Khaidirman mengatakan, dalam proyek pemeliharaan rutin jalan Muaradua OKU Selatan sampai ke perbatasan Provinsi Lampung ini, tersangka bertindak sebagai PPTK diduga telah memalsukan data gaji pegawai.

“Proyek ini swakelola dan yang bersangkutan sebagai PPTK memalsukan data-data pekerjaan, walaupun pekerjaannya ada, tapi terdapat pemalsuan data-data sehingga menyebabkan kerugian keuangan negara sebesar Rp1,91 miliar dari nilai proyek sebesar Rp2,87 miliar,” kata Khaidirman, Rabu (2/10).
Menurutnya, setelah dilakukan pelimpahan berkas, tersangka dan barang bukti ini, kasusnya akan segera diteruskan ke Pengadilan Negeri Palembang untuk disidangkan. Sementara ini tersangka akan menjalani penahanan selama 20 hari ke depan.
“Jaksa sedang menyiapkan surat dakwaan dan selama proses penyidikan sejak September 2018, yang bersangkutan (tersangka) telah berupaya mengembalikan kerugian negara hingga sebesar Rp1,03 miliar, namun tetap tidak menghapus perbuatan,” imbuhnya.
Khaidirman menambahkan, atas perbuatan tersebut, tersangka akan dijerat Pasal 2,3 Jo Pasan 9 Jo Pasal 18 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. #osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Polres PALI Amankan 37 Pucuk Senpira Beserta 3 Orang Pelaku

PALI, BP–Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), berhasil mengamnakan 37 pucuk senjata api rakitan (senpira), baik ...