Home / Headline / Lawang Borotan, Destinasi Wisata Baru di Palembang

Lawang Borotan, Destinasi Wisata Baru di Palembang

Palembang, BP

Peresmian dari Destinasi wisata terbaru lawang borotan kota Palembang ini banyak dihadiri oleh para tamu undangan dari berbagai jajaran dan juga komunitas-komunitas lain yang salah satunya komunitas pese UIN raden fatah. Di resmikan langsung oleh Walikota Palembang Harnojoyo, tepatnya, Jumat (27/9).

Lawang borotan ini juga dikenal dengan nama lawang buratan yang merupakan salah satu bukti sejarah yang dibangun bersamaan dengan benteng kuto besak, dengan posisi di sebelah baratnya, yang diprakarsai oleh Sultan Mahmud Badaruddin I.

Baca:  Sarimuda Teken 6 Poin Komitmen Kebudayaan Usulan KBIM

“Lawang borotan ini merupakan akses pintu keluar masuknya sultan ketika keluar masuk ke arah timur dan barat benteng kuto besak” kata  Harnojoyo.

Pada peresmian ini terdapat beberapa pameran barang-barang antik dan benda-benda pusaka, yang di iringi dengan musik khas melayu Palembang. sehingga menciptakan nuansa yang menggambarkan bahwa Palembang juga merupakan kota tua, di Lawang Borotan ini.

Baca:  Jelang TMMD Ke 104, Satgas TMMD Kodim 0418 Palembang Terus Lakukan Pemantapan di Lapangan  Palembang, BP

Sultan SMB IV Fauwaz Prabu Diradja mengatakan bahwa acara peresmian ini merupakan acara yang diselenggarakan supaya dapat lebih mengenal sejarah kesultanan palembang darussalam. lawang borotan ini adalah titik terakhir sultan meninggalkan benteng kuto besak atau Palembang dalam pembuangan menuju ke batavia ke ternate.

“Mudah-mudahan dapat menjadi akses wisata yang baik bukan hanya lawang borotan ini tetapi juga berbagai destinasi wisata yang ada di palembang ini”. kata dia.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

BMKG Sosialisasi Cuaca Dan Iklim Bagi Kalangan Media

Palembang, BP   Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan sosialisasi tentang cuaca dan iklim bagi kalangan media di Hotel ...