Home / Headline / SMB IV Berharap Budaya di Sumsel Bisa Dihidupkan

SMB IV Berharap Budaya di Sumsel Bisa Dihidupkan

BP/DUDY OSKANDAR
Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) Jayo Wikramo RM Fauwaz Diraja SH Mkn bersama Keluarga besar Angkatan Muda Keluarga Palembang Darussalam (AMKPD) pusat melakukan audensi bersama Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati diruang rapat ketua DPRD Sumsel Jumat (27/9). Juga hadir dihadiri Penasehat AMKPD Pusat Kgs H Abdul Rozak.

Palembang, BP

Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) Jayo Wikramo RM Fauwaz Diraja SH Mkn berharap budaya-budaya yang ada di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bisa dihidupkan terutama di kota Palembang.

“ Jadi kalau bisa di buat perda muatan lokal, diwajibkan dinas  pendidikan di kota-kota itu ada muatan lokalnya dulu,” katanya saat bersama Keluarga besar Angkatan Muda Keluarga Palembang Darussalam (AMKPD) pusat melakukan audensi bersama Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati diruang rapat ketua DPRD Sumsel Jumat (27/9). Juga hadir dihadiri Penasehat AMKPD Pusat Kgs H Abdul Rozak.

Baca:  2020, 7 Kabupaten di Sumsel Gelar Pemilukada Serentak Terakhir

Dia mencontohkan Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang sudah memasukkan bahasa sudan dalam muatan lokal sekolahnya.

“ Saya ingin kearipan lokal  kita ini bisa dihidupkan kembali, seperti bahasa Palembang ini  jadikan muatan lokal di kota Palembang, kalau Komering jadikan mata pelajaran bahasa Komering, jadi setiap dinas pendidikan memiliki muatan lokal terutama menimba bahasa daerahnya , diperkuat karena itulah identitas setiap wilayah di Indonesia guna menguatkan Kebhinekaan kita, “ katanya.

Selain itu Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) Jayo Wikramo RM Fauwaz Diraja SH Mkn juga mengaku sedih karena Sumsel masih krisis identitas tidak di seperti di Provinsi lain.

“ Alangkah baiknya  begitu kita sampai di Sumsel semua fasilitas umum  seperti fasilitas wisata itu menggunakan gandik untuk perempuan dan laki-lakinya tanjak ,” katanya.

Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) Jayo Wikramo RM Fauwaz Diraja SH Mkn juga mengajak pihak DPRD Sumsel bisa mengembalikan BKB agar bisa jadi museum dan bisa di nikmati bersama.

Baca:  Pengadaan Barang dan Jasa Harus Ada Patokan

Sedangkan Ketua Umum AMKPD Pusat dokter Alfa Siti Azizah Gadja Nata Sp.OG mengatakan sejak berdiri tahun 2006 lalu AMKPD memang tujuannya untuk mengajak kalangan generasi muda untuk mengangkat dan mengenalkan serta melestarikan kebudayaan Palembang.

Menurut Cek Alfa sapaan akrabnya Kesultanan Palembang Darussalam bukan hanya Palembang saja tetapi meliputi Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Bangka Hulu yang sekarang dikenal dengan Bengkulu.

“Melalui audensi ini diharapkan DPRD Provinsi Sumsel bisa membantu AMKPD dalam mengenalkan kebudayaan Palembang ke masyarakat sehingga kebudayaan Palembang khususnya bahasa halus Palembang serta pemakaian Tanjak dan Gandik dapat dikenal luas oleh masyarakat Sumsel,”katanya.

Bantuan tersebut yang diharapkan oleh AMKPD bila melalui peraturan daerah mengenai kebudayaan Palembang yang dibuat DPRD Sumsel serta bantuan anggaran untuk memajukan kebudayaan Palembang.

Baca:  KPU Sumsel Segera Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Anggota KPU Kabupaten/kota

Sementara itu, Ketua DPRD Sumsel sementara Hj RA Anita Noeringhati menyambut baik dan akan mendukung penuh AMKPD dalam mengenalkan serta melestarikan kebudayaan Palembang melalui Tatib yang akan dibuat oleh DPRD Sumsel. Selama ini anggota DPRD Sumsel dalam setiap kesempatan acara resmi DPRD sudah mengenakan Tanjak.

“Dalam Tatib yang akan dibuat DPRD Sumsel akan saya usulkan mengenakan Gandik bagi anggota DPRD perempuan. Dan saya berharap tidak hanya DPRD Sumsel saja penggunaan Tanjak dan Gandik bisa diikuti DPRD yang ada di Sumsel,”katanya.

Terkait permintaan pengurus AMKPD Pusat untuk minta dibuatkan perda tentang kebudayaan Palembang serta bantuan anggaran untuk memajukan kebudayaan Palembang. Anita meminta AMKPD untuk mengajukan nya secara tertulis melalui surat resmi dan nantinya akan dibahas di Badan Anggaran.

“Dalam surat itu bisa dirincikan kegiatan yang akan dilaksanakan AMKPD dalam memajukan kebudayaan Palembang sehingga anggaran yang diberikan nantinya bisa membantu AMKPD untuk memajukan kebudayaan Palembang,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati sempat mencoba memakai gandik dan Anita sangat menyukainya.osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pengurus IKA FKIP Unsri Periode 2019-2023 Resmi Dilantik

Palembang, BP  Puluhan alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sriwijaya (Unsri)  yang menjadi pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) ...