Home / Headline / Pimpinan DPD RI Harus Bersih dari Kasus Hukum

Pimpinan DPD RI Harus Bersih dari Kasus Hukum

Pengamat Politik Adi Prayitno dan Mervin Komber dalam sebuah diskusi di ruangan wartawan DPR, Jakarta, Jumat (27/9).

Jakarta, BP–Ketua Badan Kehormatan (BK) DPD RI Mervin Komber mengatakan, pembuatan tata tertib (tatib) yang baru di lembaga DPD untuk meningkatkan kualitas kinerja senator. Tatib yang baru ini hanyalah menyempurnakan tatib yang sudah ada. “Anehnya setelah tatib diserahkan, malah ditolak beberapa anggota DPD. Padahal yang menolak itu ikut membahas tatib tersebut,” ujar Mervin Di ruangan wartawan DPR, Jakarta, Jumat (27/9).
Menurut Mervin, kinerja anggota DPD ke depan harus lebih baik. Sehingga perlu dibuat aturan agar anggota tidak lagi absen menghadiri rapat kerja dengan pejabat negara maupun rapat internal.
Diakui Mervin, agak sulit mengatur anggota lantaran mereka tidak memilili fraksi. “Dengan tatib, akan dikenakan sanksi bagi anggota yang malas-malasan mengikuti rapat,” tuturnya.
Bahkan dalam tatib terdapat pasal mengenai kriteria calon pimpinan DPD dan MPR. Pimpinan DPD nanti harus bersih dari kasus hukum. “Karena kita ingin parlemen bersih,” jelas Mervin.
Pengamat Politik Adi Prayitno menjelaskan, tatib dibuat untuk kepentingan DPD yang lebih baik serta masyarakat. Dan tidak ada niatan untuk melemahkan DPD.
“Saya tidak melihat adanya kepentingan seorang atau kelompok. Justru DPD menjadi lembaga kredibel dan semakin kuat,” katanya.
Mantan Wakil Ketua DPD La Ode Ida menyebutkan, DPD harus lebih berkualitas. Pastikan usulan DPD dapat menjadi acuan DPR.
“Yang tidak kalah penting, jangan sampai kegaduhan di internal diketahui masyarakat. Semoga tidak ada lagi kegaduhan di periode mendatang” paparnya. #duk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Menang Dramatis Atas Muba, Soleh dan Jaya Petik Emas di Ganda Putra Bulutangkis Peparprov

Prabumulih, BP–Pasangan ganda putra delegasi Lahat, M Soleh dan Permas Jaya, berhasil memetik medali emas di cabang olahraga bulutangkis pada ...