Home / Headline / 9 Fraksi di DPRD Sumsel Dipastikan Terbentuk

9 Fraksi di DPRD Sumsel Dipastikan Terbentuk

BP/IST
Sekretaris DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) Ramadhan S Basyeban

Palembang, BP

Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi Sumsel periode 2019- 2024 dipastikan ada 9 fraksi.

Ke sembilan fraksi itu yaitu, fraksi Golkar, PDIP, Gerindra, Demokrat, PKB, Nasdem, PKS, Hanura Perindo, dan PAN.

Dimana Hanura dan Perindo membentuk satu fraksi bernama Hanura Perindo, dan PPP bergabung dengan Golkar.

Bergabungnya anggota DPRD dari Hanura dan Perindo disampaikan Sekretaris DPD Hanura Sumsel Rizal Syamsul, jika kedua partai sepakai membentuk satu fraksi.

Baca:  Berbagai Lomba Semarakkan Bulan Bung Karno

Penggambungan ini menurut Rizal, karena Hanura dan Perindo masing- masing, hanya ada 3 orang wakilnya yang duduk di DPRD Sumsel.

“Iya, sudah bentuk fraksi namanya fraksi Hanura Perindo, dengan Ketua H Ali Imron (Hanura) dan sekretaris H Syahrudin (Perindo),” kata Rizal, Kamis (26/9).

Hal yang sama disampaikan kader PPP yang duduk di DPRD Sumsel Rizal Kennedy, jika partainya sudah memutuskan bergabung dengan Golkar dalam pengelompokkan anggota DPRD sesuai dengan konfigurasi partai politik hasil pemilihan umum.

Baca:  NUTRIBOOST dengan VITA GO Berikan Nutrisi , Untuk Gaya Hidup Aktif Anak Muda Indonesia

“Kita sudah gabung dengan fraksi Golkar, sama yang lama itulah. Karena dari awal disitu dan kembali lagi,” katanya.

Sementara Sekretaris DPRD Sumsel, Ramadhan S Basyeban menjelaskan , berdasarkan tatib yang ada, anggota DPRD boleh melakukan penggabungan untuk membentuk fraksi di DPRD, jika ada partai yang tidak memenuhi syarat.

“Pembentukan fraksi itu syaratnya sama dengan jumlah komisi yang ada. Jadi kalau di DPRD Sumsel ada lima komisi maka anggotanya minimal 5. Kalau kurang bisa bergabung,” katanya.

Baca:  Peradi Palembang Lantik 139 Advokat Baru

Dilanjutkan Ramdhan, penetapan unsur pimpinan fraksi itu dijadwalkan berbarengan dengan penetapan ketua dan pimpinan DPRD definitif, pada 4 Oktober mendatang.

“Dijadwalkan 4 Oktober penetapan pimpinan definitif dan pembentukan fraksi. Nanti hari itu juga kami kirim ke Mendagri surat penepatannya melalui Gubernur untuj meminta penetapan 4 nama pimpinan, 1 ketua dan 3 wakil ketua DPRD Sumsel. Mudah- mudahan proses mendagri cepat dan kita tidak dapat memprediksi,” kata Ramdhan.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pengemudi Etios Silver yang Meledak Shock dan Lemas Usai Selamat

Inderalaya, BP--Yudi Ade Firdaus, pengemudi mobil sedan Etios Valco brand Toyota warga Komplek Griya Lematang 2 0blok DN rt 69/9 ...