Home / Headline / Lelang Proyek SPAL Rp1,2 M Dilaporkan ke Kejari

Lelang Proyek SPAL Rp1,2 M Dilaporkan ke Kejari  OTT KPK Tak Membuat  Jera

ilustrasi: kompas.com

Muaraenim, BP–Kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Bupati Muaraenim Ir H Ahmad Yani, Pejabat PPK Dinas PUPR, Alvin Muchtar, dan pengusaha Robi terkait dugaan komitmen fee proyek APBD tahun 2019, nampaknya tidak menjadikan Kelompok Kerja (Pokja) panitia lelang Proyek APBD di lingkungan Pemkab Muaraenim menjadi jera.

                Indikasi itu terlihat dari pelaksanaan lelang proyek pembangunan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) Air Sulau Desa Lambur, Kecamatan Tanjung Agung, menggunakan dana APBD Muaraenim tahun 2019, dengan pagu  Rp 1,2 M, diduga sarat permainan.

Proyek yang diduga diklaim milik salah satu oknum anggota dewan itu, diduga telah diarahkan kepada CV Garden Buana Palembang, sebagai pemenangnya. Kuat dugaan perusahaan yang dimenangkan tersebut telah memberikan komitmen fee  kepada oknum anggota dewan tersebut.

               Atas dugaan itu, perusahaan yang dikalahkan dalam mengikuti lelang proyek tersebut  melaporkannya secara resmi ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Muaraenim. Mereka meminta agar dugaan permainan lelang proyek tersebut diusut secara hukum hingga tuntas.

“Kami secara resmi telah menyampaikan surat pengaduan ke Kejari, dugaan adanya permainan dalam pelaksanaan tender proyek tersebut dengan sengaja mengarahkan untuk memenangkan perusahaan tertentu,” jelas Ahmad Solihin, pimpinan CV Azwar Gemilang Nusantara, Rabu (25/9).

Baca:  Bupati Muaraenim Diminta Laksanakan Rekomendasi Pansus Evaluasi ASN dan Perusda

               Pada pengaduannya, bahwa prusahaannya telah mengikuti proses lelang proyek  tersebut. Dia menduga proyek tersebut sudah diarahkan  pemenangnya. Karena proyek tersebut diklaim milik salah satu oknum anggota DPRD Muaraenim.

           “Ini dibuktikan adanya pesan singkat SMS dari saudara Berry (Pegawai Dinas Perkim Muaraenim) dan pengakuan saudara Erwan (Pegawai Dinas Perkim Muaraenim) melalui ponsel, dibuktikan dengan dimenangkannya CV Garden Buana Palembang,” jelas solihin kepada awak media.

Dijelaskannya, indikasi lelang proyek tersebut telah diarakan terlihat dari proses pelaksanaan lelang.  Yakni lelangh proyek tersebut sudah dua kali dibatalkan dengan alasan panitia kelompok kerja (Pokja) lelang karena tidak ada yang memenuhi sarat . Sehingga dilakukan lelang yang ketiga kalinya dengan dimenangkannya CV Azwar Gemilang Nusantara.

Baca:  Medi Basri Jabat Plt Ketua DPD Golkar Muaraenim

“Ini suatu bukti terjadinya konspirasi atau persekongkolan  untuk memenangkan salah satu perusahaan  dengan menggugurkan perusahaan lain yang mengikuti lelang tersebut,” tegasnya.

                 Indikasinya, lanjutnya, terlihat pada saat pembuktian kualifikasi tidak  transparan. Kemudian perusahaan yang dimenangkan pada lelang tersebut diduga tidak memiliki NPWP tenaga teknis sesuai yang persaratkan dalam dukumen lelang.

                Ditempat terpisah, Ketua Pokja Panitia Lelang Proyek SPAL  Air Sulau Desa Lambur, Marsiswanto alias Awang yang berhasil dikonfirmasi awak media membenarkan bahwa lelang proyek tersebut telah diadukan ke Kajari.

                “Saya mendapat informasi kami telah diadukan ke Kejari. Namun semua yang dituduhkan dalam pengaduan itu tidaklah benar. Pelaksanaan lelang proyek yang kami lakukan sudah sesuai dengan prosedur,” jelas Marsiswanto yang berhasil dihubungi awak media melalui ponselnya, Rabu (25/9).

Dia membantah mengarahkan kepada satu perusahaan untuk menjadi pemenangnya. “Semua perusahaan yang masuk mengikuti lelang kami awasi, dan sudah melalui tahap evaluasi. Perusahaan yang menang pada lelang perusahaan itu benar benar telah memenuhi persaratan,” tegasnya.

Baca:  Anggaran TMMD Rp3,5 Miliar Semula Masuk Hibah Dipindahkan Jadi Belanja Langsung

                     Sementara itu, Kasi Intel Kejari Muaraenim, Fariz  Oktan SH, ketika dikonfirmasi, Rabu (25/9) membenarkan telah menerima laporan dugaan permainan lelang proyek tersebut. “Iya kita sudah menerima surat pengaduannya, dan segera kita tindak lanjuti secara hukum,” tegasnya ketika dihubungi melalui ponselnya.#nur

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Menang Dramatis Atas Muba, Soleh dan Jaya Petik Emas di Ganda Putra Bulutangkis Peparprov

Prabumulih, BP–Pasangan ganda putra delegasi Lahat, M Soleh dan Permas Jaya, berhasil memetik medali emas di cabang olahraga bulutangkis pada ...