Home / Headline / Ribuan Warga Muaraenim Terserang ISPA Akibat Asap Karhutla

Ribuan Warga Muaraenim Terserang ISPA Akibat Asap Karhutla

petugas membagikan masker kepada siswa SD.

Muaraenim, BP–Kabut asap yang terjadi akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Muaraenim selama musim kemarau telah mengganggu kesehatan masyarakat. Terbukti sedikitnya 4.645 orang masyarakat Muaraenim dari berbagai usia telah terserang penyakit Inpeksi Saluran Pernapasan (ISPA).

               “Dari 4.645 orang yang terserang Ispa, 89 orang diantaranya dinyatakan sebagai peneomunia (inpeksi sudah alceoli),” jelas Kabid P2P Dinas Kesehatan Muaraenim, Supri Ahmadi melalui Kasi P2PM nya, Rodiah, Senin (23/9).

            Menurutnya, sejak minggu pertama bulan Agustus, masing masing Puskesmas di wilayah Muaraenim telah diminta untuk memberikan laporan serangan penyakit Ispa dampak dari Karhutla.

                Dijelaskannya, sesuai data diterimanya, jumlag masyarakat Muaraenim yang terserang Ispa pada minggu pertama bulan Agustus sebanyak 608 orang, minggu kedua 820 orang, minggu ketiga 420 orang.

“Jumlah penderita Ispa pada minggu ke 3 bulan Agustus mengalami penurinan jadi 420 orang, karena sempat turun hujan deras, sehingga membuat kabut asap menjadi hilang,” jelasnya.

Baca:  Pembangunan Power Plant Hadapi Kesulitan Lokasi Ekstrem

Kemudian, lanjutnya, minggu keempat sebanyak 712 orang dan minggu kelima sebanyak 499 orang.

Selanjutnya, minggu pertama bulan September sebanyak 489 orang, minggu kedua sebanyak 438 orang dan minggu ketiga sebanyak 581 orang.

“Warga yang paling banyak terserang Ispa di daerah Kecamatan Gelumbang mencapai 1.024 orang dikarena daerah tersebut cukup banyak terjadi Karhutla yang menimbulkan asap,” jelasnya.

Baca:  Pengedar Narkoba Lawang Kidul Dibekuk

Untuk mengantisifasi Ispa, lanjutnya, Dinas Kesehatan telah membagikan sebanyak 50 ribu masker ke masing masing Puskesmas untuk diberikan kepada masyarakat secara gratis.

              Adapun Puskesmas yang telah mendapatkan pembagian masker yakni Puskesmas Teluk Lubuk sebanyak 1 kardus, Gunung Megang 1 kardus, Tebat Agung 1 kardus, Sukarami 3 kardus, Lembak 4 kardus, Muara Belida 3 kardus, Belida Darat 1 kardus, Kelekar 1 kardus, Gelumbang 5 kardus dan Dusun Gelumbang 1 kardus.#nur

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pengurus IKA FKIP Unsri Periode 2019-2023 Resmi Dilantik

Palembang, BP  Puluhan alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sriwijaya (Unsri)  yang menjadi pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) ...