Home / Palembang / Lorong Basah Basah Siapkan Oleh-Oleh Palembang

Lorong Basah Basah Siapkan Oleh-Oleh Palembang

Palembang, BP — Kuliner malam di Lorong Basah yang sudah ada sejak satu terakhir kini berganti konsep menjadi Lorong Basah Night Turism Market (LBNTM). Dinas Pariwisata Kota Palembang menyiapkan oleh-oleh khas Palembang dan seniman Palembang untuk menghibur para pengunjung.

Puluhan pedagang ditempatkan di lorong sepanjang 180 meter itu. Dibuka setiap hari mulai pukul 19.00 hingga 24.00, para pengunjung dapat menikmati beragam kuliner di setiap zona yang terdiri dari Kopi, bermacam makanan, oleh-oleh khas Palembang dan kuliner lainnya.

“Lorong Basah memang sebelumnya kalau malam sepi, karena pertokoan Pasar 16 juga sudah tutup. Sekarang dengan kuliner malam dibuka setiap malam, kawasan ini ramai terus, terutama setiap akhir pekan, sangat membludak,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani.

Baca:  Perawatan Pasar 16 Ilir Minim

Lorong Basah berada di bagian depan gedung Pasar 16 Ilir. Tak hanya wajah depan 16 Ilir yang telah cantik dan ramai, bagian belakang pun ikut lebih diramaikan. Sejak lama, Kawasan Kuliner Tepian Sungai Musi ini operasional dengan latar pemandangan langsung ke Sungai Musi dan Jembatan Ampera. Pemerintah Kota Palembang telah mengatur kebersihan dan keamanannya.

Isnaini mengatakan, sebelumnya, Lorong Basah hanya menyiapkan kuliner saja, saat ini sudah ditambah dengan oleh-oleh khas Palembang. Jadi selain kulineran juga pengunjung bisa membawa buah tangan. “Kita menggaet para komunitas souvenir yang selama ini menjadi mitra kita,” ujarnya.

Baca:  Perawatan Pasar 16 Ilir Minim

Saat ini, para seniman di Pedesterian Sudirman pun beratraksi di Lorong Basah setiap malam. Menurutnya, respon cukup positif setelah wisata kuliner Lorong Basah dibuka lagi, Sabtu (22/9/2019) lalu.

“Kita menambah varian baru ini agar warga Palembang senang dan wisatawan yang datang ke Palembang bisa lebih lama tinggal dan menikmati Palembang, ini akan berdampak positif terhadap peningkatan ekonomi Palembang,” katanya.

Dinas Pariwisata memang tengah bersiap untuk mewujudkan‎ One Stop Tourism Destination. Dinas Pariwisata mencoba membuat destinasi wisata yang jaraknya berdekatan.‎ Dalam One Stop Tourism Destination ini, ‎para wisatawan akan dimanjakan dengan Pendestrian Sudirman, Pasar malam terpadu di lorong Basah 16 Ilir, aksi panggung DeKaFe di bawah Jembatan Ampera, Plaza BKB, dan meseum-museum yang rencananya akan dibuka hingga malam hari.

Baca:  Perawatan Pasar 16 Ilir Minim

“Titik-titik yang dulunya tidak aman, sepi, bisa jadi kumuh, semuanya masuk dalam penataan One Stop Tourims. Termasuk Taman Nusa Indah, sekarang telah dibuat Skate Park, yang sebelumnya hanya dijadikan tempat parkir pada siang hari,” katanya. #pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Palembang Target 1 Juta Biopori Atasi Banjir

Palembang, BP–Mengatasi banjir di lingkungan masyarakat Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) mencanangkan 1 juta ...