Home / Pendidikan / Tak Punya NUKS, Kepsek Tak Bisa Tanda Tangan Ijazah

Tak Punya NUKS, Kepsek Tak Bisa Tanda Tangan Ijazah //90 Persen Kepsek SD/SMP Tak Punya NUKS/

(Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Palembang Herman Wijaya)

Palembang, BP
Guna meningkatkan kompetensi kepala sekolah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI telah membuat aturan baru yakni kepala sekolah wajib memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS).
Peraturan tersebut mengacu pada Menteri Pendidikan Nasional nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, mengamanatkan bahwa kepala sekolah merupakan pimpinan tertinggi di sekolah wajib memiliki lima dimensi kompetensi, yaitu dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial.
Jika tak kepala sekolah tak punya NUKS maka kepala sekolah tak bisa menandatangani ijazah siswa karena ijazah tersebut tidak sah.
“Selain itu kepala sekolah juga tak bisa mencairkan dana BOS. Sehingga memang kepala sekolah harus memiliki NUK,”ujar Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Palembang, Herman Wijaya, Jumat (20/9).
Herman menambahkan bahwa untuk memperoleh NUKS maka kepala sekolah harus mengikuti penguatan kepala sekolah bagi yang sudah menjabat kepala sekolah dan mengikuti pelatihan CAKEP bagi yang ingin jadi kepala sekolah.
“Dan itu semua langsung dari Kementerian (Mendikbud-red) yang memberikan pelatihan yakni melalui LP2S Solo. Dan tak ada lembaga lain, dan iti gratis tanpa biaya,”urainya.
Menurut Herman, bahwa saat ini sekitar 90 persen kepala sekolah baik SD maupun SMP belum mempunyai NUK. Sehingga aturan baru ini harus memiliki NUK karena tahun depan sudah wajib memiliki jika ingin jadi kepala sekolah karena harus tanda tangan ijazah kelulusan siswa dan pencairan dana BOS.
“Sedangkan yang sudah memiliki NUKS sekitar 10 persen,”pungkasnya.
Bagi mereka yangvm ingin menjadi calon kepala sekolah maka merujuk pada Permendikbud No. 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah pada pasal 21 huruf e, yang menyebutkan kepala sekolah yang sedang menjabat sebagaimana dimaksud dalam huruf a yang belum memiliki Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (7) wajib mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan penguatan kepala sekolah.
“Jadi bagi yang ingin menjadi kepala sekolah wajib mengikuti diklat Cakep atau Calon Kepala Sekolah,”pungkasnya. #sug
Baca:  Sunat Dana KIP, Disdik Ancam Pecat Kepsek
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Tanamkan Rasa Bangga Budaya Sendiri Lewat Lomba Putra-Putri SMAN 21

Palembang, BP* Tak bisa dipungkiri, memasuki era modernisasi belakangan ini, generasi muda semakin luntur akan kecintaan tentang budaya sendiri. Mulai ...