Home / Pendidikan / Zulinto Minta Sekolah Gunakan BOS Secara Transparan

Zulinto Minta Sekolah Gunakan BOS Secara Transparan

(Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang H Ahmad Zulinto)

 

Palembang, BP

Pihak Dinas Pendidikan Kota Palembang me anti-wanti kepada semua kepala sekolah baik SD maupun SMP untuk transparan menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang H Ahmad Zulinto, Jumat (10/8). Menurutnya, keuangan sekolah sendiri bisa dilihat oleh masyarakat seperti, Rancangan Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) dan surat Pertanggungjawaban (SPJ) dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Baca:  Disdik Kecam Oknum LSM Lakin

Zulinto mengatakan, dasar dari penganggaran BOS adalah untuk membantu sekolah, berdasarkan jumlah siswa.

“BOS ini digunakan untuk siswa yang dikelola oleh sekolah, untuk itu perlu dalam hal pengelolaan BOS ini dengan perencanaan, keterbukaan dan transparansi agar betul berguna dan dimanfaatkan oleh siswa itu,” terangnya.

Selain itu, dikatakan Zulinto, Dalam pengajuan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) ke Dinas Pendidian, harus didasarkan pada kesepakatan dan keputusan bersama antara Tim Manajemen BOS Sekolah, Dewan Guru dan Komite Sekolah serta orang tua murid.

Baca:  Sunat Dana KIP, Disdik Ancam Pecat Kepsek

“Dalam penggunaan dana bos tersebut jangan sampai guru dan warga sekolah tidak tahu, ini lah yang kami sebutkan sekolah harus transparan dalam mengenai dana bos, bukan berarti bagi-bagi uang. itu salah!, keguanaan dari dana tersebut harus diberitahu kepada guru dan warga sekolah agar tidak menimbulakan pertanyaan kemana saja dana tersebut. contoh ini untuk keperluan mendidik ini untuk keperluan transport,” tuturnya.

Baca:  Rusak Kecil, Disdik Sebut Kepsek Jangan 'Cengeng'

Sebagai kepala dinas, dirinya mengingatkan, salah satu hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan SPJ adalah memperhatikan tagihan pajak. “Karena meski nominalnya kecil, jika tidak diperhatikan bisa membengkak,” tuturnya.

Kadisdik pun mengajak seluruh satuan pendidikan agar meningkatkan mutu pendidikan melalui aksesibilitas terhadap pendidikan dengan birokrasi yang semakin transparan dan menjunjung integritas tinggi. #sug

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Disdik Sumsel Belum Bisa Terapkan Zonasi PPDB 100 Persen

Palembang, BP–Pemerintah Provinsi Sumsel melalui Dinas Pendidikan mengakui belum bisa melaksanakan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No.20 tahun 2019 ...