Home / Headline / DPR Diharapkan Dukung Terbitnya Perdasus Papua

DPR Diharapkan Dukung Terbitnya Perdasus Papua

.

Jakarta, BP–Senator asal Papua Mervin Komber menegaskan, dana otonomi khusus (Otsus) yang digelontorkan ke Papua dan Papua Barat sekitar Rp 105 triliun (2002 – 2020). Jumlah itu diharapkan bisa mengangkat pendidikan dan kesejahteraan rakyat Papua. Hanya saja Otsus itu tanpa peraturan daerah khusus (Perdasus) atau peraturan daerah istimewa (Perdasi).
“Otsus ini anugerah Tuhan bagi rakyat Papua. Saya mengikuti sejak 1999 dimana tim 100 Papua bertemu Gus Dur hingga terbit UU No.21 tahun 2002 tentang Otsus Papua. UU bersamaan dengan dibentuknya Majelis Rakyat Papua (MRP) melalui PP tahun 2005, tapi selanjutnya tak ada lagi PP, Perdasus, dan Perdasi sebagai rujukan aturan dana Otsus dimaksud. Kami ingin Perdasus dan Perdasi diterbitkan,” ujar Mervin Komber di ruangan wartawan DPR Jakarta, Selasa (10/9)
Menurut Mervin, tanpa Perdasus, Perdasi, gubernur yang memiliki kewenangan penggunaan dana Otsus tersebut mendistribusikan langsung ke bupati 90 persen, karena tak ada Perdasus sebagai rujukan penggunaan pelaksanaan dana Otsus tersebut.
Dikatakan, sebaiknya BPK mengaudit dana tersebut namun harus memiliki standar dan ukuran. “Sudah puluhan Perdasus yang diajukan ke pusat, tapi tak satu pun yang diterbitkan. Kami berharap DPR mendukung terbitnya Perdasus, Perdasi, atau PP agar penggunaan dana itu clear. Dan, sebaiknya duduk bersama membahas itu,” jelas Mervin.
Mervinia mengapresiasi langkah Presiden Jokowi yang telah mempertemukan semua tokoh Papua dan Papua Barat di Istana Negara. “Saya berharap bendera Bintang Kejora dan Parpol lokal kultural itu diizinkan,” tuturnya.
Ketua Komisi I DPR Satya Yudha, menjelaskan, bendera dan parpol lokal seperti di Aceh, tak bisa lagi diberikan. Karena Papua telah memiliki MRP, DPRD, parpol, bendera sendiri. Jika hubungan luar negeri juga diberikan, pasti ada kecurigaan sebagai persiapan untuk merdeka.
“Msalah keuangan, pertahanan dan hubungan luar negeri menjadi kewenangan pusat,” kata politisi Golkar itu. #duk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Jurnalisme Data Tingkatkan Kompetensi Wartawan

Palembang, BP–Dalam usaha untuk meningkatkan kompetensi wartawan, salah jalur yang dipilih apa yang orang sebut jurnalisme data. Istilah ini populer ...