Home / Headline / Anggota Legislatif Partai NasDem Jangan Takut Mengkritisi

Anggota Legislatif Partai NasDem Jangan Takut Mengkritisi

BP/IST
Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sumatera Selatan, Rabu (21/8) menggelar rapat kerja wilayah dan pembekalan caleg DPRD Sumsel, DPRD Kabupaten – Kota terpilih di hotel Wyndham

Palembang, BP

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sumatera Selatan, Rabu (21/8) menggelar rapat kerja wilayah dan pembekalan caleg DPRD Sumsel, DPRD Kabupaten – Kota terpilih di hotel Wyndham
Ketua DPP Nasdem Korwil Sumbagsel Irma Suryani Chaniago, meminta anggota Legislatif Partai NasDem agar jangan takut mengkritisi, kepala daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya.
“NasDem mendukung Jokowi Ma’ruf bukan berarti tidak mengkritisi. Kalau dibiarkan artinya kita dzalim. Saya di komisi IX kalau ada Menteri yang tidak benar saya sikat. Sama halnya dengan di provinsi. Kritik saya kepada seluruh gubernur, walikota dan bupati. Jangan hanya bisa ngabisin anggaran. Tapi bagaimana berupaya meningkatkan APBD,” kata Irma saat memberikan sambutan.
Selain itu, Irma juga meminta kepada para anggota fraksi NasDem, untuk benar – benar menjalankan fungsinya, sehingga Pendapat Asli Daerah (PAD) daerahnya dapat meningkat.
Seperti Provinsi Sumsel dicontohkan Irma, kaya akan sumber daya alam, yang bisa dikelola sehingga dapat meningkatkan PAD.
“Sumsel punya minyak, sawit, karet. masukin investor untuk pengolahan karet, sehingga membuka lapangan pekerjaan. Harus ada perbaikan dari Gubernur lama ke baru. Dari bupati lama ke baru. Poinnya harus meningkat. Harus dikritisi. Jadi kepala daerah jangan kuping kritis. Jangan kuping tipis. Karena itu bagian dari kontrol untuk kita agar lebih baik lagi,” katanya.
Menurutnya, arahan NasDem jelas, rule model beda dari partai lain. Kehadiran anggota dewan Nasdem, harus terlihat di masyarakat.
“Kontrol bupati, walikota gubernur seluruh programnya. Apakah dana transfer daerah itu didistribusikan atau tidak. Apa sudah mencukupi atau tidak. Kalau tidak dewan mensupporting anggaran tsb. Kalau di akhir masanya masih banyak silpanya. Harusnya ditegur kepala daerahnya artinya enggak jalan,” katanya.
Irma yang juga anggota Komisi IX DPR RI mengatakan untuk fungsi legislasi peraturan daerah, para anggota dewan harus peduli akan kepentingan rakyat.
“Jangan Perda itu justru membebani rakyat dan buat gaduh. Jangan ada nepotisme. Itu tidak terjadi kalau eksekutif dan legislatifnya nyambung,”katanya.
Menurutnya, setidaknya ada 60 anggota DPRD terpilih kabupaten/kota se-Sumsel dari Partai NasDem. Enam orang diantaranya bakal dilantik untuk duduk di DPRD Provinsi Sumsel.
“Iya memang anggota yang terpilih banyak yang baru. Seperti di Provinsi kita ada enam kursi untuk satu Fraksi. Hari ini baru akan kita bahas soal siapa yang akan ditentukan (ketua, sekretaris fraksi),” katanya.
Menurutnya Rakerwil ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan kongres Partai NasDem 8-11 November 2019 di Jakarta mendatang.
“Rakerwil ini mempersiapkan kongres. restrukturisasi partai. Setelah pileg ada yang tidak terpilih sehingga ada yang tidak lagi datang. Nah ini harus dievaluasi, diganti. Setelah kongres dulu. Setelahnya baru rekomendasi, baru apa yang dilaksanakan DPW DPD,” katanya.
Sedangkan Ketua DPW Partai Nasdem Sumsel Ir H Syahrial Oesman MM mengingatkan para kader terutama anggota DPRD yang terpilih maupun pengurus DPD dan DPW untuk mematuhi disiplin aturan partai.
“Kakak-kakak, jangan merasa jadi anggota dewan itu karena perjuangannya sendiri. Kalau tidak jadi kader, tidak jadi caleg tidak akan jadi, tidak akan dududk di dewan. Segitunya mudah PAW (Pergantian Antar Waktu). Sebentar lagi kita akan dilepas Ketum. DPP juga tidak lagi membebani Pak Surya Paloh,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Percepat Pembangunan Pacitan, Bupati Minta Dukungan DPD RI

Jakarta, BP–Bupati Pacitan Indatarto minta dukungan DPD RI dalam rangka percepatan pembangunan beberapa sektor strategis di Kabupaten Pacitan, menyusul masuknya ...