Home / Headline / Sumsel Segera Bentuk Dewan Adat Sumsel Definitif

Sumsel Segera Bentuk Dewan Adat Sumsel Definitif

BP/IST
Tim guna menyiapkan AD/ART DASS setelah sebelumnya di keluarkan Surat keputusan (SK) oleh Gubernur Sumsel saat bertemu dengan (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal beberapa hari yang lalu.

Palembang, BP

GUNA membentuk kepengurusan Dewan Adat Sumatera Selatan (DASS) yang definitip terbentuk tim guna menyiapkan AD/ART DASS setelah sebelumnya di keluarkan Surat keputusan (SK) oleh Gubernur Sumsel.
“ Tim ini sudah dua kali menggelar FGD lalu segera menyiapkan AD/ART setelah sebelumnya dikeluarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumsel,” kata Sekretaris Dewan Adat Sumsel, Albar S Subari SH SU, Senin (19/8).
Setelah itu menurut Dosen Hukum Adat ini akan digelar pertemuan tokoh masyarakat Se- Sumsel untuk membahas pembentukan Dewan Adat Sumsel definitif. Dan selanjutnya dikukuhkan dengan Peraturan Daerah (Perda) agar lebih eksis.
Dengan diadakan pertemuan tokoh tokoh Sumsel ini menurut Albar diharapkan akan menjadikan Dewan Adat Sumsel tetap eksis di masyarakat.
“Sejarah pertemuan akbar pernah dilakukan sekitar tahun 1987 sebelum terbentuk Perda No 11 tahun 1988 namanya seminar tentang kedudukan Lembaga Adat Sumsel,” katanya.
Pada waktu itu menurut Albar, turut hadir , tokoh Sosiolog nasional Prof. Dr. Selo Sumardjan yang merupakan Guru besar Universitas Indonesia (UI).
“Dari hasil pertemuan tersebut terbentuk Dewan Adat Sumsel Pertama yang dilantik Gubernur Sumsel. Sejak itu tidak pernah diadakan lagi pertemuan dan pelantikan karena cukup dikeluarkan SK Gubernur Sumsel saja. Mungkin ini yg diinginkan adanya legitimasi masyarakat,” katanya.
Sebelum marga dibubarkan tahun 1983 menurut Albar, jumlah marga di Sumsel berjumlah 188.
“ Kalau sampai hari ini secara normatif marga di Sumsel jumlahnya masih 188 tapi sebagai fakta, kita belum tahu, karena itu perlu dievalusi apakah 188 masih atau tidak,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

MMK Tolak RUU KUHP

#Jutaan Rakyat Indonesia Terancam Masuk Penjara, Semua Bisa Kena RUU KUHP Baru Palembang, BP Pada penghujung masa jabatan DPR RI ...