Home / Headline / Upacara HUT Ke 74 Kemerdekaan RI di Kodam II Swj Khidmat

Upacara HUT Ke 74 Kemerdekaan RI di Kodam II Swj Khidmat

Palembang, BP

Dalam rangka memperingati Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 Tahun 2019, Kodam II/Swj menggelar upacara HUT RI, Sabtu (17/8) bertempat di lapangan apel Makodam II/Swj Jln. Jenderal Sudirman KM. 2,5 Palembang. Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han).Acara berjalan khidmat.

Upacara ini diikuti juga oleh Irdam II/Swj Kolonel Inf Yusman Madayun, Kapok Sahli beserta para Staf Ahli dan Staf Khusus Pangdam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj dan Kabalakdam II/Swj beserta para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kodam II/Swj yang bertugas di wilayah Garnizun Palembang serta Mahasiswa Akper Kesdam II/Swj.

Upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI yang berlangsung tertib dan khidmat ini, ditandai dengan pengibaran bendera merah putih, dengan iringan lagi Indonesia Raya, pembacaan teks Proklamasi oleh Inspektur Upacara, yang diawali dengan “Tanda Kebesaran Buka” dan diakhiri dengan “Tanda Kebesaran Tutup”, Pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan Doa.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., dalam amanat tertulis yang dibacakan Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., menyampaikan, bahwa Kemerdekaan dan kebebasan yang kita rasakan saat ini adalah warisan dan amanah dari para pahlawan bangsa, serta para pendahulu yang telah berjuang dan berkorban jiwa raga.

Dengan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, mereka telah membuktikan bahwa bangsa kita adalah bangsa yang besar, yang berdiri tegar melawan penindasan dan penjajahan, hingga mampu meraih kemerdekaannya sendiri. “Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita merenung, mengheningkan cipta demi mendo’akan para pahlawan bangsa serta mengucap syukur atas nikmat kemerdekaan yang kita rasakan saat ini”, ujarnya.

Dia juga mengungkapkan, bagi TNI Angkatan Darat, Kemerdekaan adalah refleksi dari kedaulatan bangsa yang dijamin dan dijaga oleh para pengawalnya, yaitu para prajurit bersama komponen bangsa lainnya. Para prajurit yang ada di perbatasan, di daerah konflik, di wilayah terpencil, di pedesaan, di kota-kota dan di luar negeri, dengan segenap kemampuan dan pengorbanannya adalah alasan sehingga bangsa kita masih tegak berdiri, berdaulat dan dihormati di dunia.

Oleh karena itu, selaku Pangdam II/Swj dan pribadi menyampaikan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada saudara-saudara semua, para Prajurit dan PNS TNI Kodam II/Swj beserta keluarga, lebih khusus lagi, kepada mereka yang telah berkorban jiwa raga, terluka, dan gugur demi tugas negara.

Pada peringatan Hari Proklamasi tahun ini mengusung tema _*“SDM Unggul Indonesia Maju”*_. Ini menunjukkan bahwa keunggulan sumber daya manusia adalah modal utama kita untuk menghadapi tantangan dan meraih peluang untuk maju.

“Untuk itu, mari kita wujudkan tekad tersebut dengan meningkatkan profesionalisme, kinerja dan dedikasi di bidang tugas kita masing-masing, sebagai sumbangsih kita untuk kemajuan bangsa¬”, kata Brigjen Syafrial mengutip amanat Pangdam.#osk

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Tambah 13 Kasus di Awal Juni, Pasien Covid-19 di Sumsel Jadi 995 Jiwa

Palembang, BP Pasien positif corona atau Covid-19 di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bertambah 13 orang. Hal ini diketahui berdasarkan laporan ...