Home / Headline / Lahan JSC Terbakar, Diduga Oleh Orang Gila Main Api

Lahan JSC Terbakar, Diduga Oleh Orang Gila Main Api

BP/IST
Suasana lahan gambut di komplek GOR (Venue Dayung) Jakabaring Sport City (JSC), yang terbakar besar, Rabu (14/8) petang sekitar pukul 17.45 tersebut menghanguskan lahan gambut luas sekitar 5 hektar. Luasnya lokasi kebakaran menyebabkan kebakaran lama bisa di padamkan dan baru dipadamkan sekitar pukul 22.30

Palembang, BP

Diduga ada orang gila bermain api , di lahan gambut di komplek GOR (Venue Dayung) Jakabaring Sport City (JSC), akibatnya kebakaran besar terjadi.
Kebakaran yang terjadi pada Rabu (14/8) petang sekitar pukul 17.45 tersebut menghanguskan lahan gambut luas sekitar 5 hektar. Luasnya lokasi kebakaran menyebabkan kebakaran lama bisa di padamkan dan baru dipadamkan sekitar pukul 22.30.
Menerima laporan tentang terjadinya kebakaran di lahan gambut komplek GOR (Venue Dayung) Jakabaring Sport City Palembang, Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol Arm Widodo Noercahyo yang baru dilantik lima hari yang lalu, bergegas melakukan pemadaman bersama anggota yang tergabung dalam Satgas Karhutla dari Koramil 418-03/Plaju, BPBD Sumsel, Manggala Agni dan personel dari PBK Kota Palembang.
Dengan kegigihan para personel Satgas Karhutla yang dipimpin langsung Dandim 0418/Palembang Letkol Arm Widodo Noercahyo, api dapat dipadamkan sekira pukul 22.30 dengan dibantu dengan 3 unit mobil pemadam kebakaran dari PBK Kota Palembang maupun BPBD Sumsel.

Baca:  Dua Pelaku Jamret diringkus

“Wilayah komplek Jakabaring Sport City (JSC) Palembang sebagian besar masih merupakan lahan gambut, sehingga di musim kemarau seperti ini rawan terjadi kebakaran, untuk itu personel Kodim 0418/Palembang terus melakukan kesiap siagaan guna melakukan pemadaman bila terjadi kebakaran”, kata Letkol Widodo Noercahyo.
Dengan kejadian kebakaran tersebut, Dandim 0418/Palembang mengatakan terus melakukan koordinasi dengan intansi terkait dan berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah terjadinya kebakaran.
“Dalam kebakaran tersebut, sambung Dandim, penyebabnya diduga oleh ulah orang gila yang sedang bermain api. Dan kami sudah mengerahkan pasukan di lokasi kebakaran, dengan kesigapan personel gabungan, api dapat cepat dapat dipadamkan”, kata Dandim.

Baca:  2019 , Al Quran Terjemahan Baso Palembang di Launching

Hingga saat ini, petugas masih melakukan pembasahan lahan untuk memastikan api benar-benar padam. Sementara sebagian petugas melaksanakan pengawasan disekitar lokasi JSC dengan melakukan patroli.
Sementara itu, sampai dengan hari ini, Kamis (15/8), kebakaran hutan dan lahan masih melanda di beberapa lokasi di 3 Kabupaten di Sumatera Selatan, yakni Ogan Komering Ilir (OKI), Muara Enim dan Musi Banyuasin (Muba).
Helikopter milik BNPB dikerahkan untuk melakukan pengeboman air atau Water Bombing di titik api yang berada di lokasi kebakaran hutan dan lahan, (Karhutla) di wilayah tersebut. Selain pemadaman melalui jalur udara dengan waterbombing, pemadaman kebakaran lahan dan hutan juga terus dilakukan melalui jalur darat.
Dari hasil pantauan, sampai saat ini petugas Satgasgab TNI, Polri, BNPB, BPBD, Manggala Agni, MPA dibantu oleh masyarakat masih berjibaku memadamkan lahan yang masih terbakar di lokasi karhutla di wilayah Sumsel, yang dilakukan melalui jalur darat dan udara.

Baca:  Kecanduan Game Online, Fajri Gondol Lemari Es Tetangga

Sementara itu, aparat gabungan TNI dan Kepolisian terus meningkatkan patroli dan penegakan hukum terkait dengan kesengajaan membakar hutan dan lahan di lokasi desa-desa terkena dampak karhutla. Sosialisasi juga terus ditingkatkan kepada semua pihak agar tidak membakar hutan dan lahan.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Ribuan Penonton Jadi Saksi Suksesnya Bupati DRA Cup 2019

Keluang, BP–Meski hanya berskala kabupaten, animo masyarakat Musi Banyuasin sangat tinggi selama berlangsungnya turnamen sepakbola Bupati DRA 2019 yang digelar ...