Home / Headline / Tinggal Tunggu Surat Mendagri, Pelantikan Anggota DPRD Sumsel Periode 2019-2024, Dipastikan 24 September

Tinggal Tunggu Surat Mendagri, Pelantikan Anggota DPRD Sumsel Periode 2019-2024, Dipastikan 24 September

BP/DUDY OSKANDAR
Sekretaris DPRD Sumsel H Ramadhan S Basyeban

Palembang, BP
Ketua DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) MA Gantada mengaku hingga kini pihaknya masih menunggu surat resmi ke DPRD Sumsel melalui Surat Keputusan Mendagri soal pelantikan anggota DPRD Sumsel Periode 2019-2024.
“ Tapi sudah kita persiapkan dalam rapat Badan Musyawarah kita agenda pelantikannya tanggal 24 September 2019,” katanya ketika ditemui di DPRD Sumsel, Rabu (14/8).
Menurutnya semua caleg-caleg adalah utusan partai, kewenangan partai, calon yang mewakili partai dan mereka berbuat dan berjuang untuk di pilih rakyat.
“ Keputusan selanjutnya ada mekanisme penyelenggara pemilu, harus diselaraskan,” katanya.
Sedangkan untuk pembahasan APBD 2020 menurut politisi PDIP ini menegaskan kemarin pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Depdagri dan diharapkan Depdagri APBD 2020 diselesaikan pembahasannya oleh DPRD periode sekarang, kalau bisa.
“ Melihat dari jadwal, karena kita pelantikan September, DPRD yang akan datang itu baru bisa ready kemungkinan di bulan Desember, bisa ready dengan seluruh alat kelengkapannya, karena langkah pertama DPRD itu alat kelengkapannya baru ada pimpinan dan itu sementara, “ katanya.
Agenda selanjutnya DPRD yang baru menyiapkan aturan-aturan main, tata tertib lalu bisa menyiapkan alat kelengkapan dewan dan ini bisa memakan waktu.
“Disitu stagnan kekosongan kinerja dari DPRD yang kedepan,” katanya.
Dan APBD 2020 sesuai yang telah di jadwalkan DPRD Sumsel akan selesai di bahas di tanggal 22 September.
“Menurut informasi dan konsultasi kita dengan Depdagri , ada satu kegiatan yang wajib dab urgen harus selesai nanti sudah ada wacana pengembangan dengan menggunakan APBD Perubahan, ini bergantung kedua belah pihak, kalau kita menerima usulan dari eksekutif kita telaah, teliti dan bahas secara bersama, dari sisi DPRD masih menunggu kesiapan APBD induk 2020 oleh eksekutif sekarang sedang berjalan KUA PPAS untuk APBD perubahan 2019,” katanya.
Hal senada dikemukakan Sekretaris DPRD Sumsel H Ramadhan S Basyeban , menurutnya pihaknya hanya menunggu surat dari Mendagri kepada Gubernur Sumsel yang diteruskan ke DPRD Sumsel tentang 75 anggota DPRD Sumsel terpilih tersebut.
“ Kita sesuai aturan saja, , pada saat pengambilan sumpah dan janji periode lalu tanggal 24 September 2014, berarti paling Selasa, tanggal 24 September 2019 dan ini sesuai hasil Badan Musyawarah DPRD Sumsel kemarin ,” katanya.
Ramadhan menilai pelantikan anggota DPRD Sumsel terpilih adalah kegiatan rutin dan biasa, bukan sekali ini pihaknya menghadapinya.
“ Tinggal manggil Ketua Pengadilan Tinggi , Ketua Pengadilan Tinggi diminta kesediaan berdasarkan surat dari Mendagri, kita tunggu, itu disampaikan ke Gubernur, Gubernur sampaikan ke kita, tidak ada permasalahan kita siap, jangankan tanggal 24 September, besokpun, hari ini kita siap,” katanya.#osk

Baca:  Kawan Lamo Peduli Lombok, Tetap Jalan Hingga Pasca Musibah

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Peringatan Kemerdekaan RI Ke 74 , Iasma Puspa Gelar Diskusi Sejarah Depan Lawang Borotan

Palembang, BP Jika kemeriahan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) selalu dengan berbagai acara dan perlombaan, namun berbeda yang dilakukan Ikatan ...