Home / Headline / Elit Politik Harus Bertanggung Jawab Terhadap Bangsa

Elit Politik Harus Bertanggung Jawab Terhadap Bangsa

Anggota Fraksi PKS DPR RI Mardani Ali Sera (wartawamelayu)

Jakarta, BP–Anggota DPR Mardani Ali Sera menegaskan,  kualitas sumber daya manusia (SDM) masih lemah sedangkan  peningkatan ekonomi belum menggembirakan setelah  74 tahun Indonesia merdeka. Elit politik merupakan dalang dari kelemahan tersebut. “Untuk mengukur sebuah negara mengalami kemajuan atau tidak bisa dilihat dari SDM dan ekonominya. Indonesia masih tertinggal dibanding beberapa negara tetangga,” ujar Mardani di ruangan wartawan DPR Jakarta, Rabu (14/8).

Menurut Mardani, peran elit politik sangat tergantung untuk menentukan perkembangan sebuah negara. Jika perilaku serta kualitas SDM elit politik tidak becus akan diikuti rakyat. Bila elit politik memiliki etos kerja dan berprestasi  serta  bersikap yang patut diteladani akan diikuti rakyatmya.

Baca:  Lemkaji MPR Soroti Kesenjangan Antara Pusat dan Daerah

“Elit Politik Harus Bertanggungjawab Terhadap Bangsa. Untung kita memiliki Pancasila, UUD45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sebagai pondasi dan landasan berbangsa dan bernegara. Itulah yang merekatkan serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,” jelasnya.

Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono  demokrasi, ekonomi dan pertahanan keamanan harus disesuaikan dengan perkembangan dunia yang dinamis dan terus berubah, tapi  tetap mempertahankan komitmen founding fathers, pendiri bangsa ini. Kalau tidak,  kita akan digilas dunia. baik secara politik, budaya, ekonomi, bahkan ideologi.

Baca:  BKP Harus Stabilkan Harga Komoditas Pangan

Dikatakan, Indonesia telah mengalami lima transformasi demokrasi dan politik,  yaitu dari otoritarianisme ke demokrasi, sentralisasi ke desentralisasi, ekonomi tidak lagi mengandalkan SDA tapi ekonomi kreatif, hubungan luar negeri berangkat dari kawasan, dan dari pendekatan keamanan ke penegakan hukum. “Saya mengapresiasi program pembangunan kemaritiman di pemerintahan Joko Widodo. Karena dari laut itu pendapatan domestik bruto (PDB) negara bisa ditingkatkan untuk mensejahterakan rakyat,” katanya.

Baca:  Fadli Zon Berjuang Mempansuskan TKA

 Nono menambahkan,  sumber daya alam (SDA) di darat sudah tidak memungkinkan lagi untuk diandalkan, sehingga kemaritiman menjadi alternatif dengan mengembangkan ekonomi secara kreatif.

Pakar Hukum Tata Negara   Margarito mendukung pembentukan haluan negara semacam GBHN (Garis-Garis Besar Haluan Negara) untuk menentukan arah pembangunan bangsa ini ke depan. Dengan menempatkan hukum sebagai panglima. “Tapi, semua  tergantung elit politik, dan mereka paling bertanggung jawab kalau terjadi kemunduran,” ungkapnya. #duk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Usai Panen Padi Tanam Semangka Jadi Indeks Pertanaman  300

Muaraenim, BP—Jika ada kemauan di situ pasti ada jalan. Mungkin pepatah inilah yang diterapkan Agus, Ketua Kelompok Tani Harapan Bintang, ...