Home / Headline / Tingkatkan Kemampuan Kelembagaan Petani

Tingkatkan Kemampuan Kelembagaan Petani

Asisten II Pemkab Muaraenim, Amrullah Jamaludin (tengah) saat memberikan kata sambutan.

Muaraenim, BP–Dinas Perkebunan Muaraenim berupaya meningkatkan kemampuan kelembagaan petani dengan melakukan kegiatan sosialisasi kepada para kelompok tani (Poktan) dan gabungan kelompok tani (Gapoktan). Itu dilakukan agar jumlah kelembagaan petani meningkat.

               Kegiatan yang berlangsung di hotel Griya Sintesa itu dibuka Asisten II Pemkab Muaraenim, Amrullah Jamaludin, Rabu (7/8).

              Kepala Dinas Pekebunan Muaraenim, Ir Mat Kasrun mengatakan, kegiatan sosialisasi dilakukan bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada petani bagaimana cara menumbuh kembangkan kelembagaan petani. Kemudian untuk member pengetahuan kepada petani  bagaimana proses pembentukan kelembagaan petani.

             Sementara itu, Asisten II Pemkab Muaraenim, Amrullah Jamaludin mengatakan untuk mewujudkan pembangunan sub sektor perkebunan perlu didukung oleh kelembagaan petani yang kuat dan handal sebagai pelaku usaha yang mandiri. Sehingga perlu peningkatan sumber daya petani pekebun, sehingga mampu membangun usaha taninya yang berdaya saing tinggi dan bekelanjutan.

             Untuk itu, lanjutnya, peningkatan kapasitas dan kemampuan pelaku utama dan pelaku usaha perkebunan harus ditingkatkan. Salah satunya  melalui penyuluhan dengan pendekatan dan pembinaan kelembagaan petani yang mencakup penumbuhan dan pengembangan kelembagaan petani.

Baca:  Naik Pangkat Disiram Air

                Dijelaskannya, dalam beberapa tahun terakhir, pembangunan perkebunan di Kabupaten Muaraenim telah mencapai luas areal perkebunan 197.860,5 hektar karet dan kelapa sawit.

            Untuk komidi karet seluas 148.377 hektar dengan produksi 169.596 ton. Komoditi kelapa sawit rakyat seluas 22.810 hektar dengan produksi 45.053,80 ton dan kopi seluas 23.725,5 haktare dengan produksi 26,141 ton.#nur

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

HUT 74 RI, Ratusan Kilometer Jalan di OKI Diperbaiki

Kayuagung, BP–Kabar baik bagi warga Ogan Komering Ilir karena pada peringatan HUT ke 74 Republik Indonesia tahun ini pemerintah setempat ...