Home / Headline / Giliran Dewan Soroti Debu Bangko Barat

Giliran Dewan Soroti Debu Bangko Barat

Pemukiman warga RT 14 Tegal Rejo yang terkena dampak debu tambang bangko barat PT BA.

Muaraenim, BP–Setelah LSM Gempar mempersoalkan limbah cair tambang batubara Bangko Barat milik PT BA Tbk Tanjung Enim yang diduga mencemari air Sungai Liling, kini giliran anggota DPRD Muaraenim menyoroti debu tambang bangko barat milik perusahaan BUMN tersohor di Sumsel ini.

             Soalnya selama musim kemarau ini, debu tambang tersebut berterbangan dibawa angin mengarah pemukiman warga RT 14, Desa Tegal Rejo, Kecamatan Lawang Kidul, Muaraenim.

            Sehingga rumah warga banyak diselimuti debu tambang serta membuat udara yang dihirup warga sangat tidak sehat. Karena lokasi penambangan batubara itu jaraknya sudah sangat dekat dengan pemukiman warga.

Baca:  Pembegal Bengis Dicokok Usai Tusuk Guru Honor

             Permasalahan itu diungkap anggota DPRD Muara Enim, Afrianto, pada saat rapat paripurna pengesahan APBD Perubahan tahun 2019 dipimpin Ketua DPRD, Aries HB SE, Selasa (6/8).

                  “Interupsi pimpinan, sebelum rapat paripurna ini ditutup perlu kami sampaikan, bahwa saat ini debu tambang batubara Bangko Barat milik PT BA sudah sangat mengganggu kesehatan warga yang bermukim di RT 14, Desa Tegal Rejo Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, “ jelas Afrianto pada rapat paripurna itu.

                 Karena, lanjutnya, tambang tersebut sudah sangat dekat jaraknya dengan pemukiman warga diperkirakan sekitar 100 meter. Memang, lanjutnya, pihak perusahaan melakukan penyiraman di tambang tersebut pada siang hari agar debunya tidak terbang ke pemukiman warga.

Baca:  Warga Pasang Patok Tapal Batas Muaraenim-Lahat

               Namun pada malam hari pekerja tambang tetap melakukan aktifitas dan tidak melakukan  penyiraman, sehingga debunya terbang dibawa angin mengarah ke pemukiman warga.

               “Jika pimpinan tidak percaya dengan apa yang saya sampaikan, silakan bentuk tim untuk turun ke lapangan melakukan pengecekan secara langsung,” jelas Afrianto.

                  Menanggapi interupsi itu, Ketua DPRD Aries HB SE, mengatakan, permasalahan tersebut segera ditindak lanjuti. “Terima kasih atas masukannya, saya minta kepada Ketua Komisi II, bersama tim supaya segara turun ke lapangan melakukan pengecekan secara langsung,” jelas Aries dari mimbar rapat paripurna.

Baca:  Pengurus Saka Bakti Husada se-Kabupaten Muaraenim Dilantik

                Di tempat terpisah, Sekretaris Perusahaan PT BA, Suherman, ketika disampaikan permasalahan itu, Selasa (6/8)  mengatakan menindak lanjuti keluhan warga RT 14 Tegal Rejo, bahwa General Manajer UPT telah melakukan pertemuan dengan warga RT 14 Tegal Rejo bertempat di kantor PT BA KBL Tanjung Enim.

                   Menurutnya, hasil pertemuan  warga RT 14 Tegal Rejo dengan PT BA pada Selasa (6/8) sekitar pukul 14.00 – 17.50 WIB dikantor besar PT BA, yakni PT BA siap melakukan upaya tindak lanjut untuk mengatasi debu dari tambang barat yang berdekatan dengan pemukiman warga.

                “Untuk menindak lanjutinya, PT BA bersama warga besok (kemarin-Red) akan melakukan cek lapangan untuk mencari solusi yang terbaik,”.#nur

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Usai Panen Padi Tanam Semangka Jadi Indeks Pertanaman  300

Muaraenim, BP—Jika ada kemauan di situ pasti ada jalan. Mungkin pepatah inilah yang diterapkan Agus, Ketua Kelompok Tani Harapan Bintang, ...