Home / Headline / Belum Miliki SKCK serta Sidik Jari, Siap-siap Si Cakep dan Si Inem Datangi Anda

Belum Miliki SKCK serta Sidik Jari, Siap-siap Si Cakep dan Si Inem Datangi Anda

.

Sekayu, BP–Memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), khususnya dalam penertiban Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan penerbitan kartu sidik jari. Polisi Resort (Polres) Muba membuat terobosan dengan cara jemput bola.

Kepala Satuan Intelkam Polres Muba AKP Handrianto, SH,  mengungkapkan bahwa pihaknya berupaya memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat, khususnya pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan penerbitan kartu sidik jari, yang selama ini banyaknya selalu menjadi keluhan.
“Kini, tidak ada lagi istilah sulit ataupun susah dalam pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan penerbitan kartu sidik jari, sebaliknya jika anda tidak memiliki kedua kartu tersebut maka siap-siap didatangi oleh Si Cakep (Sistem  Catatan Kepolisian Keliling) dan Si Inem (Sidik Jari dan Indentifikasi Ekspres Muba),” terangnya saat dihubungi, Selasa (30/7).
Handrianto menegaskan, bahwa dengan sistem tersebut mampu mendukung pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.
“Program Si Cakep Keliling dan Si Inem, dilakukan dengan cara mendatangi langsung pemohon pembuatan SKCK dan Sidik jari, baik itu sekolah, kampus, instansi, perusahaan dan ke desa. Pelayanan ini juga dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu,” bebernya.
Hal senada juga dikatakan Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti, SE, MM, menerangkan bahwa program Si Cakep Keliling dan Si Inem ini dilaksanakan guna mendukung pembangunan zona integritas  menuju wilayah bebas dari korupsi melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.
“Kita juga telah lakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang program Si Cakep keliling dan Si Inem, baik melalui media sosial atau sosialisasi secara langsung dilapangan, dengan adanya program ini diaharapkan dapat memudahkan masyarakat yang ingin membuat surat keterangan catatan kepolisian dan pembuatan kartu sidik jari. Apabila pemohon SKCK dan Sidik jari tidak sempat untuk datang ke Polres maka kita akan berikan pelayanan dengan mendatangi pemohon untuk pembuatan SKCK dan Sidik jari,” bebernya
Kapolres juga mengungkapkan bahwa, pada akhir tahun lalu telah menerima penghargaan dari KEMENPAN-RB sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori SANGAT BAIK tahun 2018. Adapun Penyelenggara Pelayanan Publik yang ditonjolkan dari Polres Musi Banyuasin ialah Peningkatan pelayanan publik dengan membuat pelayanan satu atap serta pelayanan satpas yang bertujuan memberikan kenyaman dan kemudahan bagi masyarakat
“Si Cakep dan Si Inem merupakan terobosan dan inovasi baru dari pelayanan Polres Muba, sehingga diharapkan lebih semakin memberikan dampak positif di masyarakat terhadap Polri, yang selama ini telah maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.#arf
Baca:  Ketua TP PKK Muba Buka Simektris Cup 2018
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Ketua DPD RI Imbau Teroris Segera Bertobat

Jakarta, BP–Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia AA Lanyalla Mahmud Mattalitti mengatakan aksi bom bunuh diri di Polrestabes Medan ...