Home / Palembang / Perjalanan Dinas ke Amerika, Lima Pejabat ini Molor dari Jadwal Kepulangan

Perjalanan Dinas ke Amerika, Lima Pejabat ini Molor dari Jadwal Kepulangan

Palembang, BP — Molor sekitar tiga hari pulang dari perjalanan dinas ke Houston Amerika Serikat, lima pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang ini akui tidak menggunakan dana APBD selama mengambil cuti di wilayah Texas tersebut.

Semula lima pejabat ini mendapat izin dari Mendagri melakukan perjalanan dinas dari 16-22 Juli 2019. Hal ini berdasarkan surat surat izin yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) RI nomor 185.2/5721/SJ. Tapi nyatannya kelima pejabat ini baru pulang ke Palembang pada 25 Juli 2019.

Sebenarnya Ada 8 pejabat yang mendapatkan izin untuk pergi ke  negara Paman Sam tersebut, tapi walikota beserta 4 orang lainnya batal berangkat.

Empat orang Kepala OPD Kota Palembang dan Satu orang Dirut PDAM Tirta Musi yang berangkat yakni, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Dr Ir Ana Heryana, MT, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Palembang, Ir Gunawan M.T.P, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Letizia M.kes, Kepala Bappeda,Harrey Hadi dan Dirut PDAM Tirta Musi Andi Wijaya.

Baca:  Identitas Palembang Jangan Hilang

Kepala Bappeda Litbang Kota Palembang, Harrey Hadi mengatakan, dalam perjalanan itu, sisa keberangkatan yang dilakukan rombongannya dalam posisi cuti. “Kenapa kami pulang 25 Juli 2019 kami cuti,” kata Harrey, Minggu (28/7/2019).

Menurut Harrey selama posisi cuti pihaknya tidak menggunakan dana APBD. Sedangkan selama berada di Houston kebutuhan ditanggung pihak Konsulat Jenderal (Konjen) RI. Mulai dari hotel, transportasi dan makan.

“Dana APBD hanya digunakan untuk tiket pesawat. Dimana satu orang hanya membutuhkan anggaran sebesar Rp21 juta sudah termasuk tiket PP (pulang pergi),” jelasnya.

Perjalanan dinas ke Houston Amerika Serikat yang dilakukan oleh beberapa pejabat di Pemkot Palembang berbuntut panjang. Karena beberapa kepala dinas yang ikut berangkat tersebut ternyata tak memiliki mata anggaran perjalanan dinas ke luar negeri.

Setelah dilakukan pengecekkan anggaran perjalanan di DPRD Kota Palembang, Kamis (25/7/2019), hasilnya beberapa OPD yakni Dinas Koperasi, Bapedda, Arsip tidak memiliki anggaran perjalanan ke luar negeri.

Baca:  Pendapatan Tiket Masuk JSC 'Meledak' 80 Persen

Namun di dalam surat izin yang dikeluarkan
Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) RI nomor 185.2/5721/SJ keberangkatan tersebut harus bersumber dari APBD Kota Palembang. Namun nyatanya saat dicek di DPRD Kota Palembang, tidak ada anggaran perjalanan dinas di OPD-OPD tersebut.

Beberapa pejabat Pemerintah Kota Palembang melakukan perjalanan dinas ke Houston Amerika Serikat, Minggu (21/7). Keberangkatan para pejabat  tersebut untuk menjajaki kerjasama Sister City dan partisipasi dalam Fashion Show 2019 sejak tanggal 16 Juli hingga tanggal 22 Juli 2019 dengan menggunakan APBD Tahun 2019.

Isi surat Mendagri ini juga mengajukan permohonan paspor dinas exit permit dan rekomendasi visa.

Berdasarkan surat dari Sekda Sumsel nomor 099/1495/I/2019 pada 27 Juni 2019 hal permohonan rekomendasi izin perjalanan dinas luar negeri ASN Kota Palembang ke Houston dengan perjalanan terhitung dari 16 Juli sampai 22 Juli.

Harrey mengaku pihaknya melakukan perjalan ke Houston untuk melakukan penjajakan Sister City. Dimana selama sembilan hari melakukan perjalanan ke Houston tersebut, pihaknya banyak menemukan hal yang menarik untuk bisa dibawa ke Palembang.

Baca:  Gunawati Thamrin "Lawan" Polresta Palembang

Beberapa diantaranya dari bidang kesehatan seperti Medical Tourism, lersoalan kangker dan kardiologi (jantung). Disana ahlinya terbaik di dunia. “Banyak orang ke Houston karena keahlian tenaga kesehatannya dan kami pikir layak Palembang menerapkan sister city ini,” katanya.

Sedangkan dari PDAM, disana pihaknya belajar pengelolaan sanitasi dan distribusi air bersih. Karena disana layak dijajaki sistem instalasi air bersih. Untuk pariwisata keberadaan tourism komunikas menjamur luar biasa, dengan menampilkan foto mural dan kondisinya sesuai spesifik di beberapa tempat di Palembang.

Lainnya, kuliner ternyata pempek sudah ada orang Indonesia di sana sudah menjual pempek dan siap menjadikan chanel Pemkot untuk menduniakan pempek. “Arsip juga bagus di Houston dan perlu dijadikan pelajaran bagi kota Palembang,” katanya.

Pihaknya membantah melakukan lawatan di Houston Amerika dalam rangka jalan-jalan. Menurut dia, bukan tipikal pihaknya melakukan perjalanan tanpa muatan yang jelas. #pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Korean Festival Sambut Libur Tahun Baru di Punti Kayu

Palembang, BP–Menyambut libur tahun baru 2020, Taman Wisata Alam (TWA) Punti Kayu akan menggelar Korean Festival pada 29 Desember 2019 ...