Home / Headline / Menghadirkan Keceriaan, ACT Sumsel Lakukan Pendampingan Psikososial ke 95 Anak-Anak Penyintas Kebakaran Sungki

Menghadirkan Keceriaan, ACT Sumsel Lakukan Pendampingan Psikososial ke 95 Anak-Anak Penyintas Kebakaran Sungki

Palembang, BP

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumsel memberikan dukungan psikososial pasca kebakaran hebat yang menghanguskan sedikitnya 113 rumah di Gang Santai, Ogan Baru, Sungki Kertapati, Palembang (Sabtu, 13/7). Melihat dampak psikologis yang timbul akibat bencana, maka tidak hanya bantuan secara fisik saja yang diperlukan para korban tapi dukungan psikologis pascabencana juga sangat diperlukan.

“Bencana kebakaran ini yang terhebat setidaknya dalam dua tahun terakhir. Dengan tingkat kerusakan massif, semuanya hangus tinggal menyisa puing-puing reruntuhan rumah dan sisa-sisa kenangan mereka, tentu bisa dibayangkan seperti apa dampak psikologisnya,” Ucap Branch Manager ACT Sumsel, Ardiansyah,  Sabtu (13/7).

Baca:  Tingkatkan Kinerja SDM, KPU Sumsel Ikuti Rakornas di Banten

Ardi menambahkan, dampak psikologi seperti depresi, cemas, perilaku agresif, bingung, putus asa, sedih, perasaan kehilangan yang dalam, takut, keinginan untuk selalu menyendiri dan lain sebagainya. Maka program trauma healing juga sangat diperlukan masyarakat yang terdampak bencana kebakaran ini, khususnya kepada anak-anak.

“Maka hari sabtu sore kemarin (13/7), ACT Sumsel dengan menggandeng Kampung Dongeng (Kado) Sumsel melakukan kegiatan pendampingan psikososial,” ujarnya.

Kak Ninuk, salah satu pendongeng dari Kado mengatakan sangat senang bisa ikut berpartisipasi memberikan kebahagiaan kepada sedikitnya 95 anak-anak penyintas kebakaran Sungki ini. Bahkan beliau dan tim berencana akan kembali hadir selasa (16/7) nanti.

Baca:  Selain di DPRD Sumsel, PDIP Kehilangan Kursi Ketua DPRD di Palembang dan Lahat

“Insya Allah kami akan datang dan menghibur anak-anak lagi selasa nanti. Mereka seneng banget.” Ujarnya.

Sampai saat ini ACT Sumsel terus melakukan proses evakuasi dan recovery di wilayah terdampak kebakaran di Gang Santai Ogan Baru, Kertapati. Setelah membuka dapur umum, memberikan layanan medis, ikut bersama tim gabungan Polri dan TNI melakukan proses evakuasi dan pembersihan sisa-sisa puing reruntuhan, pendampingan psikososial, ACT Sumsel insya Allah terus membersamai masyarakat Penyintas Kebakaran Sungki sampai benar-benar pulih.

Memasuki hari kelima, ACT Sumsel terus membuka penggalangan donasi untuk membantu masyarakat Ogan Baru, Kertapati ini.

Baca:  Anggota DPRD OI Menduga Buku LHP Audit BPK Sumsel Dimanipulasi BPKAD

Bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan berupa barang, bisa langsung menghantarkan ke posko kemanusiaan ACT Sumsel di lokasi terdampak kebakaran. Bantuan yang paling dibutuhkan sekarang antara lain selimut, alas tidur, ember, peralatan mandi, diapers, jaket, obat-obatan, dan kebutuhan emergency lainnya.

“Untuk bantuan berupa uang yang nantinya akam dikonversi dalam bentuk makanan siap saji, bisa ditransfer melalui rekening:BNI Syariah: # 66 0000 5505, Mandiri: # 127 000 781 6612, Kode Transfer 701. Contoh: Rp. 1.000. 701, Atas nama Yayasan Aksi Cepat Tanggap,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Berkeliling Dengan Motor Curian, Penadah Dibekuk

Palembang, BP–Sedang berkeliling dengan mengendarai sepeda motor hasil curian, Edo Saputra (21), warga Desa Tapus, Kecamatan Pampangan, Kabupaten OKI dibekuk ...