Home / Headline / Kasi Intel Kejari OKU Beri Penyuluhan Hukum Untuk Kades se-Kecamatan Lubuk Raja

Kasi Intel Kejari OKU Beri Penyuluhan Hukum Untuk Kades se-Kecamatan Lubuk Raja

Kasi Intel Kejari OKU Abu Nawas, SH saat memberikan materi penyuluhan hukum. BP/Ariyan

Baturaja, BP–Untuk mencegah penyimpangan penggunaan dana desa. Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ulu (OKU) memberikan penyuluhan hukum untuk kepala desa dan perangkatnya, di Kecamatan Lubuk Raja, Kamis (11/7).

Kegiatan penyuluhan hukum/penerangan hukum, peningkatan hubungan kerjasama 3 pilar dalam tata kelola keuangan desa tersebut diikuti sebanyak 7 Desa Se Kecamatan Lubuk Raja dan dari pendamping desa. Dengan menghadirkan narasumber dari Kecamatan Lubuk Raja, Dinas PMD OKU dan Kejaksaan Negeri OKU.

Camat Lubuk Raja Monang Suryadinata, SSos MSi saat membuka acara kegiatan mengatakan, penyuluhan hukum ini sangat penting, karena akan diberikan arahan tentang penggunaan dana desa yang baik dan benar. “Jadi diharapkan para kades di Kecamatan Lubuk Raja ini, agar bisa memahami serta mengetahui tentang pengelolaan dana desa dan bisa mengerti,” kata Monang.

Baca:  Sosialisasi di OKU, NPCI Sumsel Tetapkan Enam Cabor di Peparprov Prabumulih

Selain itu lanjut dia, dengan penyuluhan hukum maka kepala desa dapat memahami bagaimana sanksi hukumnya jika melakukan penyimpangan terhadap dana desa.

“Disini kita bisa bertanya dan belajar, juga dapat menambah pengetahuan tentang hukum,” kata Monang.

Dia juga menambahkan, dalam hal dana desa. Pihaknya hanya melakukan pembinaan dan yang menggunakan dana desa itu, adalah para kades itu sendiri.

Baca:  Bupati Berharap Atlet Pertina OKU Harus Jadi Pemenang di Kejuaraan Tinju

Sementara itu Kepala Dinas PMD OKU Drs Ahmad Firdaus menyampaikan, dengan kegiatan penyuluhan hukum, kita bisa mengetahui dan memahami tentang pengelolaan dana desa termasuk peraturannya, itu harus kita patuhi. “Saya berharap tidak ada kepala desa yang menyalahgunakan dana desa,” ucap Firdaus singkat.

Ditempat terpisah Kepala Seksi Intelijen Kejari OKU Abu Nawas, SH memaparkan, penyuluhan hukum dan penerangan hukum, peningkatan hubungan kerjasama 3 pilar dalam tata kelola keuangan desa bertujuan agar kepala desa dan perangkatnya dapat memahami tentang hukum. Terutama dalam mengelola dana desa.

Baca:  Ruas Jalan di Lengkiti Banyak Berlobang dan Ditumbuhi Rumput

“Untuk itu, jangan coba-coba melakukan penyimpangan dana desa, sebab setiap penggunaan dana desa itu harus ada pertanggungjawabannya. Dan kami pihak Kejaksaan tidak segan-segan, jika ada kepala desa yang bermain-main dengan dana desa akan kami proses,” tegas Abu Nawas saat menyampaikan materi penyuluhan hukum, di Gedung Serbaguna Desa Baturaden Kecamatan Lubuk Raja OKU, Kamis.

Pantauan dilokasi, acara berlangsung lancar dan tertib dengan diakhiri foto bersama. #yan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Royana Terharu, SLB Negeri Kabupaten PALI Mulai Belajar

PALI,  BP Kegiatan belajar-mengajar sudah dimulai di Sekolah Luar Biasa Negeri Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Untuk yang pertama ...