Home / Pendidikan / Gagal SBMPTN, Unsri Sarankan Tempuh Jalur USMB

Gagal SBMPTN, Unsri Sarankan Tempuh Jalur USMB

Wakil Rektor 1 Unsri Prof Dr Zainuddin Nawawi PhD didamping Kabid Humas dan Publikasi Unsri Prof Dr Zulkifli Dahlan saat menjelaskan pengumuman SBMPTN’

 

Palembang, BP–Panitia Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akhirnya hari ini resmi mengumumkan calon mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri) yang lolos melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

Kendati pun demikian, dipastikan ribuan peserta juga masih banyak yang belum lolos sehingga Unsri menyarankan agar menempuh jalur Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB).

“Ya, hari ini pukul 15.00 WIB, pusat mengumumkan kelulusan jalur SBMPTN dan yang di Unsri bisa dicek diwebsite resminya. Bagi yang belum lulus bisa ikut jalur USMB karena pendaftar saat ini masih 2.000-an, mungkin setelah pengumuman ini meningkat banyak, terutama yang tak lulus,” ujar Wakil Rektor Unsri Prof Dr Zainuddin Nawawi, PhD didampingi Kabid Humas dan Publikasi Prof Zulkifli Dahlan, Selasa (9/7).

Baca:  Cek Lokasi Tes SBMPTN

Menurutnya, jalur USMB juga sangat berpeluang karena jika tak lolos juga bisa langsung masuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ikut dalam kerja sama USMB. Mulai dari Universiras Bina Darma, PGRI, UTP, UIGM, MDP, Universitas Sumsel, Universitas Candra Dimuka, Stisipol, dan lainnya.

Sementara bagi yang lulus SBMPTN diharapkan segera menghadiri ferivikasi penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dijadwalkan pada 12-13 Juli 2019 di Gedung Graha Unsri.

Baca:  930 Mahasiswa Unsri Diwisuda

“Jika peserta tidak ikut, dianggap setuju dengan UKT 8 (Rp8 juta per semester-red),”ujar Zainuddin Nawawi.

Lanjut Zainuddin, jalur SBMPTN ini merupakan jalur yang menerima mahasiswa dengan jumlah kuota sebanyak 50 persen dari total sekitar 7.200 untuk mahasiswa program strata satu (S-1).

“Artinya SBMPTN ini meluluskan sekitar 3.700 an mahasiswa dari total kuota 7.200 mahasiswa yang akan diterima,” urainya.

Baca:  Sat Intelkam Polres Datangi Unsri Terkait Dukungan HMI pada Penolakan UKT

Senada dengan itu dikatakan Kabid Humas dan Publikasi Prof Zulkifli Hasan bahwa untuk calon mahasiswa yang akan mengikuti verifikasi Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada 12-13 Juli 2019 diharapkan untuk memenuhi syarat wajib.

“Ada sekitar 10 syarat yang harus dibawa. Mulai dari hadir di Gedung Graha Sriwijaya pada pukul 08.00, membawa dokumen tentang biodata, dan akan mengisi form yang menyatakan bahwa data yang diberikan adalah benar,” urainya.

Terkait UKT, Zulfikli Hasan mengatakan bahwa jumlah UKT sampai saat ini belum naik hingga empat tahun terakhir. #sug

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Disdik Kecam Oknum LSM Lakin

Palembang, BP Kasus dugaan pengiriman vidio porno oleh oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dari Lembaga Anti Korupsi Indonesia (LAKIN) Muhammad Nizar Dungcik kepada ...