Home / Headline / Dinas Kebudayaan Kota Palembang Genjot Target Kunjungan 12 Ribu Pengunjung ke Museum SMB II

Dinas Kebudayaan Kota Palembang Genjot Target Kunjungan 12 Ribu Pengunjung ke Museum SMB II

BP/DUDY OSKANDAR
Kabid Cagar Budaya dan Permuseuman Dinas Kebudayaan kota Palembang, Abdul Gani, didampingi Kasi Permuseuman dan Bangunan Bersejarah Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Nyimas Ulfah Aryeni dan Kasi Registrasi Cagar Budaya, Dinas kebudayaan kota Palembang , H Rizal SH disela-sela kunjungan delegasi ASEAN dari 10 negara yang berkunjung ke Museum SMB II, Palembang, Rabu (3/7).

Palembang, BP
Dinas Kebudayaan Kota Palembang mencatat peningkatan kunjungan ke Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, tercatat dari Januari ke Juni hampir 500 orang pengunjung mendatangi Museum kebanggaan kota Palembang ini.
Menurut Kabid Cagar Budaya dan Permuseuman Dinas Kebudayaan kota Palembang, Abdul Gani, didampingi Kasi Permuseuman dan Bangunan Bersejarah Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Nyimas Ulfah Aryeni dan Kasi Registrasi Cagar Budaya, Dinas kebudayaan kota Palembang , H Rizal SH mengatakan, pihaknya saat ini banyak menggelar program dan kegiatan seperti menggelar kegiatan belajar bersama di Museum SMB II, lomba melukis, lomba menggambar, fotografer, pelatihan jurnalistik, pameran lukisan dan lain-lain.
Menurutnya, dari 5 ribu pengunjung tersebut didominasi para pelajar.
“Target pengunjung kami tahun ini adalah 12 ribu pengunjung yang akan berpengaruh pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palembang,” kata Gani disela-sela kunjungan delegasi ASEAN dari 10 negara yang berkunjung ke Museum SMB II, Palembang, Rabu (3/7).
Selain itu menurutnya , negara paling sering melakukan kunjungan ke Museum SMB II Palembang ini dari negara Singapura dan Malaysia, oleh karena Palembang memiliki ikatan emosional terutama dengan Malaysia terutama bahasa melayunya apalagi antara Palembang dan Malaysia masih negara serumpun.
Dijelaskannya, jam kunjungan Museum SMB II sendiri dibuka mulai pukul 13.00-15.00 setiap Senin. Dan pukul 09.00-15.00 setiap hari Selasa-Jumat.
Selain itu pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas kedatangan delegasi ASEAN dari 10 negara yang berkunjung ke Museum SMB II yang terdiri dari Kasmalati Dato Kassem (Brunei), Ade Patmo Sarwono (Indonesia), Ekkapab (Laos), Sharifah Norhana Aywd Mustafa (Malaysia), Min Lwin (Myanmar), Noel Sarrignan (Philipina), Kok Li Pong (Singapura) dan Ran Duc Binh (Vietnam) dan Phasporn Sangasubana (Thailand).
“ Kunjungan Dutas Besar ini kita sambut dengan baik, kita juga mengharapkan kedepan, ada lagi acara-acara dan even-even tertentu, katanya.
Sedangkan Kasi Permuseuman dan Bangunan Bersejarah Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Nyimas Ulfah Aryeni menambahkan, pihaknya terus mengejar target peningkatan kunjungan ke Museum SMB II Palembang dimana pihaknya berupaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan dengan mengadakan program yang menarik publik.
“Tahun ini kita menerima dana bantuan dari Dirjen Kebudayaan berupa Dana Alokasi Khusus (DAK) Bantuan Operasional Penyelenggaraan Museum dan Taman Budaya. Dengan rincian minimal 45 persen digunakan untuk menarik minat publik ke museum,” katanya.
Dikatakan Ulfah, program untuk menarik minat publik diantaranya kelas belajar sejarah bersama, pameran, fotografi sejarah dan budaya, lomba kreativitas anak.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Raih Penghargaan, ACT Dukung Program Kesehatan Pemerintah Sumsel

Palembang, BP–Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November lalu menjadi salah satu hari yang diperingati setiap tahun, untuk ...