Home / Bisnis / Perbankan di Sumsel Target Pertumbuhan Kredit 12,7 Persen

Perbankan di Sumsel Target Pertumbuhan Kredit 12,7 Persen

Pertumbuhan kredit perbankan di Sumatera Selatan (Sumsel) dibanding periode yang sama tahun lalu tumbuh sebesar 4,21% dari Rp79,91 triliun menjadi Rp83,27 triliun, angka ini masih di bawah nasional yang tumbuh 9,94 persen.

Selain itu, Dana Pihak Ketiga (DPK) mengalami pertumbuhan sebesar 6,49% dari Rp77,77 triliun menjadi Rp82,81 triliun pencapaian ini pun di bawah 6,66%. Kendati di bawah rata-rata nasional, penyaluran kredit perbankan di Sumsel mayoritas ke sektor produktif.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional VIII Sumatera Bagian Selatan Panca Hadi Suryatno mengatakan taget pertumbuhan kredit dari 6 lembaga keuangan perbankan di Sumsel mencapai 12,7 persen. “OJK berharap kredit bisa tumbuh 13 persen, sementara DPK 16,1 persen,” tutur Panca.

Dari data yang dihimpun, sebanyak 30,29 persen mengalir ke sektor perdagangan besar dan eceran, kemudian disusul kontruksi 24,64 persen. Kredit konsumsi justru berada pada urutan ketiga yakni kredit kepemilikan rumah 12,62 persen, disusul pertanian dan perkebunan 10,81 persen.

Sementara beban kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) yang menyentuh 3,63 persen berada di atas rata-rata nasional 2,65 persen harus dilakukan perbaikan meski masih di bawah 5 persen.

“OJK berharap agar perbankan masih dapat ekspansi kendati rasio kredit macet di atas Nasional. Artinya harus ada upaya perbaikan atau penagihan, seperti pada sektor perdagangan besar. Selain itu, perbankan juga harus ekspansi, sehingga target yang ditetapkan bisa dicapai,” katanya. #ren

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Telkomsel Gelar IndonesiaNEXT 2019

Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNEXT sebagai program yang menyasar pada peningkatan keahlian profesional para mahasiswa sebagai persiapan SDM yang unggul. Pada ...