Home / Headline / Komisi IV DPRD Sumsel Sebut Pemprov Sangat Kurang Perhatikan Situs Cagar Budaya

Komisi IV DPRD Sumsel Sebut Pemprov Sangat Kurang Perhatikan Situs Cagar Budaya

BP/DUDY OSKANDAR
Hj RA Anita Noeringhati

Palembang, BP

Komisi IV DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) Hj RA Anita Noeringhati melihat di Sumsel banyak memiliki situs-situs cagar budaya, namun sayang potensi itu  tidak di gali dan dikembangkan untuk destinasi wisata.
“ Perhatian di Pemerintah Sumsel masih sangat kurang, karena anggaran sektor ini tidak didukung untuk melestarikan cagar budaya, seperti kita melihat untuk di Palembangpun banyak cagar budaya yang tidak tersentuh oleh anggaran,” katanya, Selasa (25/6).
Politisi Partai Golkar ini juga mengaku sedih, Bukit Siguntang yang terbengkalai dan tidak ada kemajuan termasuk Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS) Gandus yang terkesan kumuh.
“ Kita berharap Pemprov Sumsel tentang cagar budaya ini juga , untuk mempunyai perhatian untuk itu,” katanya.
Anita mengatakan Komisi IV DPRD Sumsel telah melakukan kunjungan kerja (Kungker) ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) guna mempertanyakan anggaran infastruktur .
“ Di Sumsel sangat berharap dengan bantuan APBN di DIY kenapa pembangunan Jalan Tol belum disetujui, sementara kita lihat jalur Yogya-Solo sudah saatnya di bangun Jalan Tol ternyata mereka mengatakan untuk membangun Jalan Tol perlu kajian yang mendalam karena tempat-tempat yang dilewati Jalan Tol masih banyak situs sejarah, cagar budaya yang ada di bawah tanah, sehingga tidak bisa sembarangan di bangun Jalan Tol,” katanya.
Selain itu Gubernur DIY mengatakan, kalau pembangunan di Jalan Tol masyarakat dapat apa.
“ Jadi aspek-aspek sosial, budaya itu masih sangat kental untuk mempertahankan kebudayaan di Yogyakarta itu dikedepankan , kalau kita melihat anggarannya sangat kecil Rp200 miliar itupun untuk seluruh PU, itupun disana jalannya bagus semua ,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Jurnalisme Data Tingkatkan Kompetensi Wartawan

Palembang, BP–Dalam usaha untuk meningkatkan kompetensi wartawan, salah jalur yang dipilih apa yang orang sebut jurnalisme data. Istilah ini populer ...