Home / Bisnis / Bank Sumsel Babel Beri Penghargaan Pemerintah Daerah Transaksi Non-Tunai

Bank Sumsel Babel Beri Penghargaan Pemerintah Daerah Transaksi Non-Tunai

Palembang, BP–Bank Sumsel Babel (BSB) menyelenggarakan acara forum diskusi dan sosialisasi transaksi non-tunai pemerintah daerah. Acara tersebut sebagai tindak lajut dan evaluasi pelaksanaan transaksi non tunai, di Hotel Marriott Yogyakarta, Selasa (25/6).

Sebagaimana diketahui Transaksi Non tunai pada pemerintah daerah sebagai tindaklanjut dari Surat edaran Kemendagri No. 910/1866/SJ dan 910/1867/SJ tentang Implementasi Transaksi Non Tunai pada Pemerintah Daerah dengan penerapan transaksi non tunai ini akan terciptanya Akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah meliputi seluruh transaksi penerimaan daerah.

Tak hanya itu, juga pengeluaran daerah transaksi dengan pemindahan uang dengan menggunakan instrument APMK, cek, bilyet, giro, uang elektronik atau sejenisnya yang sudah berjalan 1 Januari 2018 Khusus wilayah Sumsel dan Babel.

“Kerja sama ini untuk penerimaan daerah dengan menggunakan Samsat Online, PBB online, sistem 9 pajak daerah, Restribusi daerah, pakai tapping box, BSB cash pengeluaran daerah belanja pembangunan, subsidi daerah, belanja rutin dg menggunakan Sistem Informasi Daerah (SIMDA), Cash Manajemen System (CMS), internet banking BSB, mobile banking BSB,” katanya.

Acara di buka oleh Direktur Utama Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin, dengan dilanjutkan paparan dan diskusi tentang pelaksanaan transaksi non tunai di pemerintah daerah Indonesia, kendala-kendala yg dihadapi dlm penerapannya.


Pemateri pertama dari Kementerian Dalam Negeri, oleh ibu Ira Hayatunnisma, SE.MM, Kasubdit pelaksana dan pertanggungjawaban keuangan daerah. Forum tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab evaluasi dan kendala kendala yg dihadapi dalam implementasi transaksi non tunai di daerah untuk masukan Depdagri dan Bank Sumsel Babel dan mencari solusi untuk perbaikan pada masa akan datang.

Selai itu, paparan Bank indonesia Kpw Sumsel oleh Suhut MT Samosir. Manager fungsi analisa sistem pemayaran dengan materi peran BI dalam eletronifikasi pemda. Paparan BI Kpw Bangka Belitung, Didik Aswadi kepala unit pengawasan sistem pembayaran dengan materi elektronifikasi transaksi pemda mendorong target keuangan inklusif, akan mendorong tumbuhnya UMKM khusus

Acara di hadiri sekretaris daerah, kepala DPKAD dan Kepala Badan Pendapatan Daerah, pemerintah daerah provonsi kab/kota se Sumatera dan se Kepulauan Bangka Belitung. Dari Bank Sumsel Babel juga hadir Direktur Pemasaran Bpk. Antonius Prabowo Argo, dan komisaris.

Acara ditutup dengan pemberian apresiasi kepada pemda yang telah menerapkan transaksi non tunai. Kategori jumlah transaksi tertinggi pada cash management system BSB wilayah Sumatera Selatan peringkat 1.Pemkot Palembang, peringkat 2. Kab.OKU, petingkat 3. Kab. Muara Enim dan wilayah Kepulauan Bangka Belitung peringkat 1.Pemrov. Kep. Babel, peringkat 2.Kab.Belitung, peringkat 3. pemkot Pangkal Pinang

Kategori cashless pemkab OKU utk wilayah Sumsel.dan Pemprov Babel. Utk wilayah Bangka Belitung. Kategori penerapan kebijakan dibetikan kepada Pemkab Banyuasin. #ren

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Telkomsel Gelar IndonesiaNEXT 2019

Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNEXT sebagai program yang menyasar pada peningkatan keahlian profesional para mahasiswa sebagai persiapan SDM yang unggul. Pada ...