Home / Pendidikan / Hadapi Era Revolusi Industri 4.0, SMKN 5 Bekali Siswa Ilmu Komputer

Hadapi Era Revolusi Industri 4.0, SMKN 5 Bekali Siswa Ilmu Komputer

(Kepala SMKN 5 Palembang Drs Zulfikri MSi saat meninjau pembekalan ilmu komputer siswanya)

Palembang, BP

Tak bisa dipungkiri, era revolusi Industri 4.0 memaksa generasi muda untuk kreatif dan berwawasan. Apalagi bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dipersiapkaj untuk langsung masuk ke dunia usaha maupun dunia industri (Dudi).

Berangkat dari hal tersebut, pihak SMK Negeri 5 Palembang melakukan terobosan berupa program pembekalan siswa ilmu komputer. Menariknya, jika kebanyak sekolah memberi pembekalan jelang kelulusan, pihak SMK Negeri 5 memberi pembekalan sejak siswa baru.

Baca:  Gagal di Asian Games, Triathlon Bidik Emas di SEA Games

“Ya, ini dalam rangka persaingan global. Sehingga perlu adanya ilmu komputer apapun paket keahlian yang diambil. Sehingga semua siswa baru kita berikan pembekalan hari ini,”ujar Kepala SMKN 5 Drs Zulfikri MSi disela-sela memantau pembekalan, Senin (17/6).

Lanjut Zulfikri bahwa setidaknya ada 429 siswa yang mengikuti pembekalan secara berkala selama 15 hari kerja terhitung hari ini. Sehingga siswa benar-benar memahami ilmu-ilmu dasar dalam komputer.

Baca:  Perda Sekolah Gratis Direvisi

“Ada tiga gelombang, sehari tiga kali shift. Dan kita siapkan 6 ruang komputer selama 15 hari kerja,”jelasnya.

Menurut Zulfikri, bahwa pembekalan ini dirasa sangat penting untuk membuka wawasan siswa tentang ilmu komputer mengingat pada saat jenjang SMP, boleh jadi pengetahuan komputer masih minim.

“Sehingga pada saat kelas XI nanti pada saat magang siswa bisa paham ilmu komputer dan nanti nya saat lulus siap masuk ke Dudi,”harapnya.

Baca:  Pilkada Palembang Tahun Ini Diprediksi Lebih Sulit

Ke depan, terobosan ini tak hanya bidang ilmu komputer tapi juga bidang umum lainnya sehingga banyak menambau ilmu wawasan umum siswa. “Kali ini kita kerja dama dengan LAMI Komputer,”pungkasnya.

Tak sampai disitu, pihak SMK Negeri 5 juga akan melakukan pembekalan kepada guru sebagai SDM yang secara tak langsung akan berdampak pada kualitas lulusan.

“Jadi pelatihan akan kita berikan kepada guru. Nanti kita siapkan. Jadi jika guru juga dibekali wawasan ilmu komputer. Karena nanti terlalu naif jika hanya siswa,”pungkasnya. #sug

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

PWI Sahkan Kode Perilaku Wartawan Indonesia

Jakarta, BP Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) telah merampungkan perangkat organisasi berupa Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) serta Kode ...