Home / Headline / TPID Sidak Pasar, Harga Kebutuhan Pokok di Baturaja Stabil

TPID Sidak Pasar, Harga Kebutuhan Pokok di Baturaja Stabil

TPID OKU saat melakukan sidak di pasar atas Baturaja. BP/Ariyan

Baturaja, BP — Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) bersama pihak Kepolisian dan PD Pasar melakukan inspeksi mendadak (sidak), Jumat (31/5) pagi. Sasaran sidak kali ini, di pasar atas dan pasar baru Baturaja.

TPID yang dipimpin Sekda OKU meninjau kios sayuran dan bertanya kepada pedagang apakah ada kenaikan harga yang signifikan atau tidak.

Pantauan dilokasi, para pedagang yang sedang berjualan menjajakan dagangannya dengan harga masih tergolong normal. Harga kebutuhan pokok di kedua pasar tradisional itu selama bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H, relatif normal atau masih stabil.

Baca:  RS Santo Antonio Baturaja Belum Terima Pasien BPJS Kesehatan

Beberapa harga kebutuhan pokok, diantaranya telur, minyak, gula, sayuran seperti sawi, kacang panjang dan lainnya juga relatif stabil. Demikian pula daging masih kisaran harga Rp130 ribu. Bawang putih dan merah masih dikisaran harga Rp35 sampai dengan Rp40 ribu, cabe keriting ada kenaikan sedikit, dikarenakan lagi musim penghujan.

“Secara umum, harga kebutuhan pokok masih terbilang stabil, demikian pula suplainya juga stabil,” kata Sekda OKU Dr Drs Achmad Tarmizi, SE MT MSI MH, saat melakukan sidak.

Tarmizi berharap, masyarakat tidak menumpuk barang sebab menurutnya, pemerintah dan TPID telah berupaya bagaimana menstabilkan harga kebutuhan pokok di OKU.

Baca:  2 Tahun Jabat Kepala DPKP OKU, Himda Fahruzal Lengser

“Baru-baru ini TPID bekerjasama dengan Bulog menggelar pasar murah di tujuh titik di Baturaja,” ujarnya.

Masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan stok kebutuhan pokok maupun harganya, karena semua masih stabil. Kita harapkan H-1 Idul Fitri harga tetap stabil. “Dengan ketersediaan bahan pangan yang cukup. Tidak ada kenaikan harga yang signifikan,” ungkapnya, Jumat.

Sementara itu, Kabag Ekonomi Pemkab OKU Ir Mufti Audha menyampaikan, bahwa ada beberapa jenis kebutuhan masyarakat yang harganya naik. Sementara bahan pokok lainnya relatif normal seperti hari biasa.

“Tadi kita cek harga kebutuhan pokok di pasar ternyata masih ada harga yang naik, tapi masih batas wajar,” ungkap Mufti Audha.

Baca:  Bupati OKU Terima Penghargaan Top BUMD 2019

Harga sembako, kata dia yang mengalami kenaikan hanya cabe merah. Sedangkan bawang putih dan bawang merah sudah normal kembali yang sebelumnya juga mengalami kenaikan.

Pada kesempatan itu, dia mengimbau kepada penyedia atau agen dan pengepul untuk berkoordinasi dengan pemerintah dan sebaliknya untuk memastikan tidak ada lonjakan harga.

Untuk diketahui, Pemkab OKU saat ini mempuyai Siska Perbako (Sistem Informasi Ketersediaan Perkembangan Harga Bahan Pokok). Sistem pantauan harga secara online ini sangat membantu mengontrol harga, sehingga bisa dengan cepat pihak terkait melakukan langkah-langkah untuk mengendalikan harga yang bermuara pada menekan laju inflasi. Melalui Siska Perbako, harga bisa terpantau secara online. #yan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pemuda Muhammadiyah Dukung Penuh Amrah Nyalon Wabub OI

#Harus Berpihak Kepada Rakyat Inderalaya,BP Jika benar Anggota KPU Sumsel Amrah Muslimin SE Msi bakal mencalonkan diri sebagai balon wabup ...