Home / Headline / Selama Ramadhan, Pendonor Darah Menurun

Selama Ramadhan, Pendonor Darah Menurun

titik.id

Muaraenim, BPMeskipun selama bulan Ramadhan pendonor darah berkurang alias menurun, namun stok darah di Unit Tramfusi Darah (UTD) PMI Muaraenim mencukupi.

               “Untuk stok darah sejauh ini aman paling tidak untuk dua minggu kedepan, tetapi berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya sudah mencukupi,” ujar kepala UTD PMI Muaraenim, Dr Novi, kemarin

               Menurutnya,  untuk stok doakui berkurang bila dibandingkan bulan lain karena saat ini sebagian besar pendonor melaksanakan ibadah puasa. “Kami juga tidak menganjurkan untuk berdonor saat puasa, selain membatalkan puasa juga tidak baik untuk kesehatan,” jelasnya.
Biasanya, lanjutnya, pendonor melakukan donor saat malam hari si UTD yang memang buka 24 jam dan berlokasi sebelah RS HM Rabain. “Kami buka 24 jam, ada yang mendonor tapi tidak banyak, kalau urgent biasanya dari keluarga pasien, tapi sejauh ini stok mencukupi,” ungkapnya.
Selama ramadhan juga ada stok darah yang berasal dari gereja dimana saat ramadhan melakukan baksos donor darah. Itu sangat membantu karena ramadhan ini stok darah memang tidak banyak.
Hal lain yang dilakukan guna mensiasati tercukupinya stok darah yakni dengan mengumpulkan darah sebelum bulan ramadhan. Tidak bisa terlalu banyak karena darah juga ada masanya, terlalu lama malah rusak dan tidak bisa digunakan.

Baca:  Kapolres Muaraenim Sosialisasi Zona Integritas

              Dikatakannya, UPTD juga memiliki kontak para pendonor sehingga apabila dibutuhkan bisa datang memberikan darahnya dan itu harus malam hari apabila bulan ramadhan.#nur

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Bupati Muba Dodi Reza Lantik Tiga Pejabat Eselon II 

Sekayu, BP–Setelah mengikuti tahapan pelaksanaan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Eselon II beberapa waktu lalu, akhirnya Bupati Musi Banyuasin ...