Home / Headline / Pelayanan Publik di Sumsel Perlu Dioptimalkan

Pelayanan Publik di Sumsel Perlu Dioptimalkan

 

BP/IST
Forum Group Discussion (FGD) Tentang Pengelolaan Pelayanan Publik, Pelayanan Informasi Publik dan Media Center, di Sahid Imara Hotel Palembang, Jumat (24/5)

Palembang, BP–Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Forum Group Discussion (FGD) Tentang Pengelolaan Pelayanan Publik, Pelayanan Informasi Publik dan Media Center, di Sahid Imara Hotel Palembang, Jumat (24/5).
Plt. Kepala Diskominfo Provinsi Sumsel Jon Kenedy mengatakan , bahwa pelayanan publik di Sumatera Selatan masih di bawah standar nasional, berdasarkan dari hasil audit Kementerian PAN RB telah melakukan audit secara nasional.
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel menurutnya mendapatkan indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) 2,37 dengan predikat baik.
Untuk itu perlu penyatuan persepsi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Humas, Inspektorat dan instansi terkait dalam hal kerjasama mengelola Sistem Pengelolaan Pengaduan pelayanan Publik Nasional (SP4N)/ LAPOR.
Begitu juga dengan optimalisasi pelayanan PPID, serta publikasi berita khususnya Humas dapat bersinergi dengan kominfio dalam pengelolaan berita bersama Media center Kominfo Sumsel dan pelayanan lainnya
“Ini semuanya agar pelayanan publik terpenuhi secara maksimal dan Dinas Kominfo mampu memenuhi keinginan masyarakat sesuai tugas pokok dan fungsinya,” katanya.
Lanjut Plt Kadis Kominfo, untuk memenuhi semua program pelayanan tersebut.
Pihaknya juga siap memberikan ruang yang ada di Command Center milik Provinsi Sumsel yang dikelola Dinas Kominfo Sumsel
“Command Center Sumsel dioperasikan untuk memberikan pelayanan publik terintegrasi dan juga sebagai pusat data atau pusat monitoring,” kata Jon Kenedy
Command Center Sumsel bertujuan untuk mensinergikan dan mengintegrasikan semua layanan publik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di lingkungan Provinsi Sumsel dan mempermudah pelayanan publik.
“Semua aplikasi yang ada di Command Center dapat diunduh di HP android dengan membuka playstore ketik Sumatera Selatan SmartProv akan kita temui semua informasi diaplikasi yang kita inginkan,” katanya.
Sedangkan Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Provinsi Sumsel Prof Edwar Juliartha mengatakan One vision, one mission and one goal yang selalu diarahkan Gubernur Sumsel. Artinya harus satu visi, satu misi dan satu tujuan agar program terlaksana baik dan dapat dinikmati serta dirasakan masyarakat khususnya dalam pelayanan publik.
Karena itu dia berharap Sistem Pengelolaan Pengaduan pelayanan Publik Nasional (SP4N)/ LAPOR bisa terkoneksi keseluruh kabupaten dan kota serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
“Target sekarang OPD nih, tapi persoalannya sekarang ini koneksi yang ada ini baru di mulai karena dulu mereka nilai SPAN /LAPOR ini bagian yang sifatnya seremonial, padahal bukan, tujuannya untuk melayani, kalau tahu manajemen konplain, begitulah manajemen konplain itu,” katanya.
Karena itu dia berharap setiap OPD memiliki tim manajemen konplain.
“ Ada koplain dari masyarakat, berapa lama rentang waktu yang dibutuhkan , OPD terdekat atau unit terdekat yang bisa menjangkau keluhan tersebut,” katanya.
Turut hadir Perwakilan Ombusdman Sumsel, Perwakilan GIZ Kurniawan, Kabid PIP Diskominfo Provinsi Sumsel Amrullah, perwakilan Inspektorat, Perwakilan Humas dan OPD terkait. #osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kaum Disabilitas Tak Bisa Ikut Tes CPNS di Pemkot Palembang

Palembang, BP–Ketua Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (Itmi) Cabang Palembang, Abi Hilman Ardiansyah Spdi, mengaku, kecewa dengan Pemkot Palembang yang tidak ...