Home / Headline / Arti Penting Arsip Bagi Sumsel

Arti Penting Arsip Bagi Sumsel

BP/IST
Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Provinsi Sumsel Prof Edwar Juliartha

Palembang, BP
Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Provinsi Sumsel Prof Edwar Juliartha melihat arsip tersebut ketika tidak dibutuhkan menjadi hal biasa tetapi ketika dibutuhkan posisinya sangat penting.
Dia juga membantah membantah jika Badan Arsip Sumsel tidak memiliki arsip.
“Kalau arsip ada aplikasi sendiri, kalau arsip dikatakan tidak ada coba di cek lagi, aku pikir ada, cuma mungkin , dia khan kadang-kadang arsip itu tidak di pilah-pilah, harusnya dia dipilah-pilah didasarkan kepada sumber daripada arsip itu, sepertinya akan kearah sana, cuma itu khan banyak hal yang perlu dipikirkan antara lain sumber daya manusia, apapun namanya kalau tidak ada sumber daya manusia macet,” katanya usai Forum Group Discussion (FGD) Tentang Pengelolaan Pelayanan Publik, Pelayanan Informasi Publik dan Media Center, di Sahid Imara Hotel Palembang, Jumat (24/5)
Dia mengakui kalau saat ini pihaknya tengan melakukan evaluasi jabatan termasuk Badan Arsip Sumsel.
“ Sehingga kita tahu berapa yang dibutuhkan arsip itu dalam menangani itu,” katanya.
Terkait badan arsip ini menurutnya jika dikaitkan dengan digitalisasi mana akan lebih rumit lagi.

Baca:  Tidak Ada Perhatian Pemerintah Daerah Untuk Wayang Palembang

Sebelumnya Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang juga mengritik kinerja sejumlah SKPD dalam lingkup Pemprov Sumsel yang masih dinilai belum optimal termasuk Badan Arsip Sumsel.
Pansus I DPRD Sumsel melalui juru bicaranya Sri Mulyadi SE Msi dalam rapat paripurna DPRD Sumsel dengan agenda laporan hasil pembahasan dan penelitian Pansus I DPRD Sumsel terhadap LKPJ Gubernur Sumsel tahun 2018, Selasa (21/5) di gedung DPRD Sumsel menilai Dinas Arsip Daerah Sumsel keterbatasan sarana dan prasarana yang ada serta Sumber Saya Manusia (SDM) yang handal.
Rapat paripurna di pimpin Ketua DPRD Sumsel MA Gantada dan didampingi jajaran Wakil Ketua DPRD Sumsel dan dihadiri Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya dan kepala dinas dan para undangan lainnya.
“ Ini menjadi faktor belum optimalnya dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya,”kata Sri Mulyadi.
Menurut Sri, Pansus l menilai bahwa Dinas/lnstansi/SKPD terkait di tataran Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan belum menyadari akan pentingnya Pengelolaan Arsip terutama sebagai sumber data dan informasi yang penting bagi Pemerintah dan Stakeholder terkait.
Dengan demikian menurutnya diharapkan pihak terkait agar berkoordinasi dan bekerjasama yang baik dengan setiap SKPD terkait dengan data kearsipan.
“Perlu pembaharuan data/dokumen arsip mengenai aset-aset Pemerintah Provinsi agar berkoordinasi dengan SKPD terkait dibidangnya,” katanya.
Selain itu menurut Sri Mulyadi seperti Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Selatan, hampir rata-rata setiap SKPD Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengakui masih kurangnya kwalitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur hal ini perlu disikapi dan dikoordinasikan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan dicarikan solusinya.
“Perlu pemberdayaan aparatur sehingga dapat memahami dan melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara maksimal. Masih rendahnya tanggung jawab aparatur dalam melaksanakan tugas yang dibebankan atasan dan disiplin kerja perlu ditingkatkan,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pemkab Muba Fasilitasi Penyelesaian Masalah Pertanahan Transmigrasi

Sekayu, BP–Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menggelar Rapat Fasilitasi Penyelesaian Permasalahan Pertanahan Transmigrasi, lokasi Air Tenggulang SP.5 Desa Tenggulang Baru Kecamatan ...