Home / Headline / DPRD Sumsel Desak Gubernur Sumsel Pecat Kadis Perindustrian Sumsel

DPRD Sumsel Desak Gubernur Sumsel Pecat Kadis Perindustrian Sumsel

BP/IST
Juru bicara Pansus II DPRD Sumsel M Subhan SE

Palembang, BP

Desakan Pemecatan Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengemuka dalam rapat paripurna DPRD Sumsel, alasan tidak bisa menjalin kerjasama menjadi alasan utama desakan pemecatan tersebut.

Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Provinsi Sumsel mendesak Gubernur Sumsel Herman Deru memecat Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sumsel Ernila Rizar karena dianggap tidak bisa menjalin komunikasi dengan baik dengan Komisi II DPRD Provinsi Sumsel.
“Kepada Bapak Gubernur Provinsi Sumatera Selatan kami minta perhatian khusus agar kiranya posisi Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sumatera Selatan sekarang ini agar dapat di tinjau kembali karena kami anggap Kepala Dinas sekarang ini tidak bisa menjalin komunikasi dengan baik dengan Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Selatan,” kata juru bicara Pansus II DPRD Sumsel M Subhan SE dalam rapat paripurna DPRD Sumsel dengan agenda laporan hasil pembahasan dan penelitian Pansus I DPRD Sumsel terhadap LKPJ Gubernur Sumsel tahun 2018, Selasa (21/5) di gedung DPRD Sumsel.
Rapat paripurna di pimpin Ketua DPRD Sumsel MA Gantada dan didampingi jajaran Wakil Ketua DPRD Sumsel dan dihadiri Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya dan kepala dinas dan para undangan lainnya.
Pansus II juga mengkritisi kinerja Dinas Perindustrian Sumsel terutama dalam hal menyelesaikan hambatan yang dihadapi dalam melakukan tugas pokok dan fungsi dalam upaya pembinaan dan pengembangan sektor industri di Provinsi Sumatera Selatan antara lain pengembangan sektor industri masih bertumpu pada industri kecil dan menengah sesuai pendanaan yang ada sehingga pencapaian terhadap hilirisasi industri berjalan lambat.
“Dengan upaya yang di lakukan adalah pengembangan sektor industri kecil dan menengah perlu dukungan yang lebih kuat terutama untuk peningkatan teknologi produksi dan kualitas daya saing produk dengan mengacu pada konsep gren industri, “ katanya.
Selain itu upaya untuk hilirisasi industri dapat di lakukan melalui pengembangan industri menengah dengan berkoordinasi dengan semua sektor dan dukungan dana yang cukup.
Selain itu dukungan dari semua sektor terhadap fasilitas sarana dan prasarana pengembangan kawasan industri dan program hilirisasi belum optimal dengan dukungan terhadap penyediaan fasilitasi sarana dan prasarana kawasan pengembangan industri perlu secepatnya dilakukan agar peningkatan perekonomian dari sektor industri dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan
Sedangkan Ketua DPRD Sumsel MA Gantada mengatakan, setelah rapat paripurna ini akan dilanjutkan dengan rapat pimpinan dengan fraksi-fraksi dalam rangka membentuk tim perumus rekomendasi LKPJ Gubernur Sumsel tahun anggaran 2018.
Tim perumus rekomendasi akan mengkompilasi serta menyusun rekomendasi LKPJ tersebut berdasarkan hasil pembahasan dan penelitian pansus-pansus selanjutnya rekomendasi DPRD Sumsel akan disampaikan kepada kepala daerah Provinsi Sumsel daalam rapat paripurna penyampaian rekomendasi yang akan dilaksanakan Senin (27/5) yang akan datang.

Baca:  DPRD Sumsel Berharap di APBD P 2018 , Anggaran Untuk Jembatan Musi IV Bisa Dianggarkan

Sebelumnya dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sumsel ke-73 Gubernur Sumsel Herman Deru beberapa waktu lalu mengatakan di usia Provinsi Sumsel ke 73 tahun ini Herman Deru berharap, semua elemen di Sumsel bisa mewujudkan one visi one goal menuju Sumsel Maju untuk Semua serta sejahtera dan berkeadilan.
“Momen ulang tahun ini adalah wadah kita untuk introspeksi. Sumsel ini kaya SDA dan SDM tapi mengapa kemiskinan masih tinggi? Inilah tugas kita bersama memerangi kemiskinan. Mari kita tingkatkan kesejahteraan hingga tercapai angka kemiskinan 1 digit,” katanya.
Lebih jauh dikatakannya, tak terasa Provinsi Sumsel akan berusia 73 tahun pada 15 Mei. Dari tahun ke tahun telah banyak perubahan yang terjadi dan semua berdampak positif. Ia berharap di usianya yang semakin matang segenap pegawai Pemprov Sumsel dapat lebih baik lagi melayani masyarakat.
“Banyak yang perlu dibenahi. HUT inilah wahana kita untuk introspeksi. Ini butuh waktu dan pemikiran yang besar sehingga butuh keikhlasan yang besar juga dari kita semua,” jelasnya.
Dalam sambutannya, HD juga mengajak segenap masyarakat TNI dan Polri untuk bersama-sama membangun Sumsel menjadi provinsi yang membanggakan. Bukan sekedar diakui negara lain, namun yang paling penting adalah pengakuan dari masyarakat Sumsel sendiri.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Bupati Muba Dodi Reza Lantik Tiga Pejabat Eselon II 

Sekayu, BP–Setelah mengikuti tahapan pelaksanaan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Eselon II beberapa waktu lalu, akhirnya Bupati Musi Banyuasin ...