Home / Headline / Harnojoyo: PBB Bukan Naik Tapi Menyesuaikan NJOP

Harnojoyo: PBB Bukan Naik Tapi Menyesuaikan NJOP

BP/IST
H Harnojoyo

Palembang, BP–Walikota Palembang Harnojoyo menegaskan, kenaikan PBB menyesuaikan atau berdasarkan nilai jualnya (nilai jual objek pajak/NJOP).
Menurutnya, PBB itu dasarnya Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dan ini sudah ditentukan oleh konsultan terkait pemetaan wilayah. Penyesuaian ini juga telah melalui tahapan konsultasi dan sesuai kondisi lapangan
“Lantas kita juga khan ada yang kita bebaskan, yang membayar Rp300 ribu kita bebaskan, yang jumlahnya cukup fantastis. Istilah sebenarnya bukan naik tapi menyesuaikan dengan nilai jual objek pajak,” kata Harnojoyo dijumpai usai menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi tentang HUT ke-73 Provinsi Sumsel, Rabu (15/5).
Harno melanjutkan, harga NJOP tersebut naik karena penyesuaian di lapangan dan sudah sepantasnya. Selain itu, banyak juga objek pajak yang telah dibebaskan pemerintah kota.
“Ada sekitar 173 ribu objek pajak yang PBB atau NJOP- nya di bawah Rp300 ribu pemerintah kota bebaskan, jadi terkait pajak itu berdasarkan NJOP yang mestinya dari 2013 lalu harus kita sesuaikan yang dispensasinya sudah cukup banyak,” katanya.
Sedangkan Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, kenaikan PBB di Palembang sepengetahuannya melalui pengkajian dan tidak serta merta naik saja.
“Apa sih alasan kenaikan, ataukah NJOP-nya naik, kalau NJOP-nya naik otomatis PBB-nya naik, ini juga imbas nantinya jika pemilik lahan ingin menjualnya maka seharga NJOP, kalau memang pemkot Palembang dalam waktu dekat ini menjelaskan itu kepada masyarakat, dari Bapenda kotanya sebaiknya menjelaskan apa sih alasan kenaikan, kota dan kabupaten ini khan dituntut kemandirian dan salah PAD berpotensi ya PBB,” katanya usai rapat paripurna istimewa DPRD Sumsel, Rabu (15/5).#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Mantan Hakim MK Sebut Narasi Bambang Widjojanto Berbahaya Sekali

Jakarta, BP–Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Maruarar Siahaan ikut mengomentari pernyataan Tim Hukum Capres-cawapres 02 Prabowo-Sandi, Bambang Widjojanto (BW), mengenai ...