Home / Headline / Vihara Dharmakirti Laksanakan Ritual Yifo dan Pradaksina

Vihara Dharmakirti Laksanakan Ritual Yifo dan Pradaksina

Palembang, BP
Vihara Dharmakirti Palembang melaksanakan kegiatan Yifo atau pemandian rupang sang Buddha dan Ritual Pradaksina di Bukit Siguntang Minggu (12/5).
Ketua Vihara Dharmakirti Tono Anton Alamsyah didampingi Sukartek Ketua MBI Kota Palembang dan pembina vihara Dharmakirti Darwis Hidayat mengatakan, kalau kegiatan ritual Yifo atau pemandian rupang sang Buddha dan Ritual Pradaksina di Bukit Siguntang ini merupakan rangkaian kegiatan dalam menyambut hari raya Waisak 2019/2563 BE.

Baca:  Gubernur Sumsel Sambut Wakil Presiden Kehormatan OCA

“Memang ritual Ini merupakan rangkaian menyambut Waisak, sebelum kegiatan ini telah digelar berbagai kegiatan diantaranya vegetarian month pada 21 April, kegiatan Wisudhi I dan pengambilan Air Berkah pada 28 April dan 1 Mei yang lalu. Lalu Minggu (5/5 ) pada pukul 06.30 digelar kegiatan Pindapatta, Pembekalan Wisudhi tahap II dan donor darah, 8-9 Mei digelar kegiatan Tali Asih ke RS Charitas dan 9 Mei 10 hari Atthasila,” katanya.
Menurut Darwis dan Sukartek, acara selanjutnya 13-17 Mei digelar pekan Meditasi. Puncak perayaan Waisak diawali pada 18 Mei dengan menggelar penyalaan Pelita, Lalu 19 Mei menggelar ritual detik detik Siddhi yang jatuh pada pukul 04.11.00, perayaan Waisak dan Upacara Wisudhi,” katanya.
Dijelaskan keduanya, tentang hari raya Trisuci Waisak yang merupakan hari yang besar umat Buddha. Kata “Waisak” sendiri berasal dari bahasa Pali yaitu “Vesakha” dan dalam bahasa Sansekerta disebut “Vaisakha”. Hari raya Waisak ini dalam kalender buddhis biasanya jatuh pada bulan Mei menurut kalender Masehi. Tapi terkadang hari Waisak ini juga bisa jatuh pada bulan April atau awal bulan Juni.
“Dalam kalangan umat Buddha hari raya Waisak sering disebut juga dengan Trisuci Waisak. Dengan kata lain mengenang 3 peristiwa penting pertama Kelahiran Pangeran Sidharta. Kedua Pangeran sidarta mencapai penerangan sempurna. Ketiga Pangeran Sidarta Parinibbana. #osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

ASN dan Warga Muba di Bantaran Sungai Diakomodasi di Rusun

Sekayu, BP–Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dibawah kepemimpinan Bupati Muba Dodi Reza sangat memperhatikan betul kondisi dan kebutuhan warga Muba ...