Home / Pemerintahan / Anak Buruh, Raih Peringkat Satu UN

Anak Buruh, Raih Peringkat Satu UN

(Lili Gomulia Sri Ayu, siswi SMAN Sumsel)

Palembang, BP
 Sesuai dengan visi menjadi sekolah pencetak pemimpin masa depan Indonesia yang kompeten, berkarakter dan berwawasan global, SMAN Sumatera Selatan berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas bagi setiap peserta didiknya.
Didukung sistem pembelajaran yang holistik dan fasilitas penunjang kegiatan belajar dan mengajar yang memadai, SMAN Sumatera Selatan kembali mampu mengantarkan salah seorang peserta didiknya meraih peringkat 1 nilai UNBK tertinggi untuk jurusan IPS se-Sumatera Selatan Tahun 2019.
Adalah Lili Gomulia Sri Ayu, siswi kelahiran Palembang, 27 Juli 2001 berhasil menorehkan prestasi terbaik berupa torehan peraih bilai UNBK tertinggi. Lili yang merupakan anak ke 3 dari 5 bersaudara ini dibesarkan di lingkungan sederhana.
Ayahnya bekerja sebagai buruh di jasa perhitungan barang curah dan ibunya hanyalah seorang ibu rumah tangga. Berasal dari keluarga yang memiliki keterbatasan secara finansial tidak menyurutkan semangat Lili dalam menggapai cita-cita.
Hal tersebut ia buktikan dengan mengikuti seleksi penerimaan peserta didik baru di SMAN Sumatera Selatan dan berhasil diterima menjadi peserta didik baru angkatan ke-8 tahun 2016 silam.
Lili yang akan melanjutkan pendidikannya di jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya lewat jalur SNMPTN ini mengaku banyak rintangan yang ia hadapi selama mengenyam pendidikan di SMAN Sumatera Selatan. Mulai dari proses adaptasi dengan kehidupan asrama, kegiatan sekolah dan asrama yang padat, hingga persaingan sehat antara dirinya dan rekan seperjuangannya.
Namun, hal tersebut bukanlah penghalang baginya untuk maju dan mencatat prestasi di sekolah. Berkat bimbingan dari guru, teman-teman, serta lingkungan sekolah yang suportif, ia pernah menjuarai beberapa kompetisi ekonomi maupun akuntansi.
Seperti Juara 2 lomba Accounting Challenge STIE MDP tahun 2018, Juara 1 Olimpiade Akuntansi Siswa di UNSRI se-Sumatera Selatan tahun 2018 serta Juara 1 Olimpiade Ekonomi se-Provinsi tahun 2018.
Selain berprestasi secara akademik, peraih beasiswa BIDIKMISI ini juga aktif berorganisasi. Dia  pernah menjabat sebagai Wakil Ketua seksi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) tahun 2018. Meskipun kegiatan di organisasi cukup menyita waktunya, Lili tetap mampu menyeimbangkan waktu untuk belajar dan berorganisasi.
Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Lili meraih nilai tertinggi untuk jurusan IPS se-Sumatera Selatan dengan total score 378,00.
“Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT dan berterima kasih kepada seluruh guru maupun teman-teman saya yang telah memberikan dukungan. Saya percaya bahwa usaha dan do’a tidak akan pernah mengkhianati hasil”, ungkap Lili.
Tak jauh dibelakangnya, Deni Kurniawan yang juga salah satu siswa SMAN Sumatera Selatan berhasil menduduki posisi ke-3 nilai tertinggi untuk jurusan IPS se-Sumatera Selatan. Disusul oleh Della Finanda dan Rizky Ramadhan yang menduduki peringkat ke-9 dan ke-10 yang juga merupakan siswa SMAN Sumatera Selatan.
Plt. Kepala SMAN Sumatera Selatan, Nanang Adi Prayitno, S.Pd., turut menyampaikan rasa bangganya terhadap prestasi yang diraih oleh peserta didiknya tersebut.
“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur dan bangga atas prestasi UNBK anak-anak tahun ini. Dengan berbagai keterbatasan ekonomi yang anak-anak miliki, mereka mampu menunjukkan prestasi yang membanggakan. Tahun ini, jurusan IPS kembali meraih peringkat ke-1 nilai rata-rata UNBK tertinggi se-Sumatera Selatan dan jurusan IPA meraih peringkat ke-2 nilai rata-rata UNBK tertinggi se-Sumatera Selatan Tahun 2019. Ini adalah salah satu wujud nyata keberhasilan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam bidang pendidikan,”pungkasnya. #sug
Baca:  Soal UN Dijaga Ketat
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Lampaui Target di Bandung, Atlet Sepatu Roda Persiapkan Kejuaraan di Thailand

Palembang, BP Capaian target luar biasa dipersembahkan oleh atlet sepatu roda Sumsel yang berhasil mengoleksi tiga medali emas pada single ...