Home / Palembang / Baznas Sumsel Buka 11 Gerai Zakat di Mall dan SPBU

Baznas Sumsel Buka 11 Gerai Zakat di Mall dan SPBU

Ketua Baznas Provinsi Sumsel, Najib Haitami saat menunjukkan beberapa item bantuan Baznas.

Palembang, BP — Memudahkan masyarakat untuk menyalurkan zakat dan infaq di lembaga yang legal, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumatera Selatan (Sumsel) membuka konter atau gerai khusus selama ramadhan ini di mall dan SPBU.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Baznas Provinsi Sumsel Najib Haitami di Kantor Baznas, Kamis (9/5/2019). Najib mengatakan, zakat dan infaq yang diserahkan oleh pemberi zakat ini disalurkan kepada orang yang tepat. “Selama ramadhan ini kita buka gerai khusus untuk berzakat di tempat keramaian,” katanya.

Baca:  Baznas Tetapkan Standar Zakat Fitrah dan Fidyah

Gerai khusus zakat dan infaq ini dibuka hingga 3 Juni seperti diantaranya OPI Mall, Giant Plaju, Palembang Icon, Palembang Square, Transmart, Angkasa Pura 2, Ramaya dan SPBU di Jalan Demang Lebar Daun dekat Hotel Amaris. “Operasionalnya mulai jam 10 pagi sampai jam 10 malam,” katanya.

Hasil zakat yang sudah dihimpun oleh Baznas akan disalurkan kepada orang-orang yang tepat. Seperti dalam tiga program Baznas pada ramadhan ini. “28 Mei nanti Baznas akan menyerahkan bantuan dari zakat ini diantaranya kepada panti, santi dan marbot yang akan diserahkan langsung oleh gubernur di Griya Agung,” terangnya.

Baca:  Gelar Safari Ramadhan Pemkab OKI Gandeng Baznaz

Bantuan tersebut masuk ke dalam tiga program adalah buka bersama santri tahfiz 500 orang di Griya Agung. Memberikan peralatan sekolah, baju santri, tas, buku dan Alquran khusus hafalan.

Selain itu ada juga penyaluran ke pakir miskin, guru ngaji dan marbot sebanyak 3500 orang. Juga pemberian alat kesehatan kepada 11 panti asuhan. Berupa sabun mandi, sikat gigi, odol, sampo dan beras 20kg perpanti dan uang Rp5 juta per panti asuhan. “Total dana untuk bantuan ini Rp1,3 miliar,” ujarnya.

Baca:  Gelar Safari Ramadhan Pemkab OKI Gandeng Baznaz

Ia mengimbau kepada pembayar zakat untuk menyalurkan atau membayarkan zakatnya ke Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang legal. Berzakatlah ke lembaga zakat yang resmi, sebab saat ini banyak ditemui tempat yang tidak resmi. Sebab, membuat amil zakat salah satunya harus ada rekomendasi Baznas.

“Menghimpun zakat secara illegal berdasarkan undang-undang ada sanksi 3 bulan penjara atau denda Rp500 juta,” terangnya. #pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Tidak Paham Tupoksi Kerja, ini Kritikan Bambang Haryo

Palembang, BP — Sebagai orang yang memiliki jabatan tinggi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dianggap bisa bekerja ...