Home / Headline / Di Baturaja, Harga Bawang Putih Tembus Rp100 Ribu per Kg

Di Baturaja, Harga Bawang Putih Tembus Rp100 Ribu per Kg

Baturaja, BP — Semenjak puasa, harga bawang putih yang dijual di pasar-pasar tradisional di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengalami kenaikan hingga sempat tembus diposisi Rp100 ribu perkilogram. Padahal saat hari normal harganya dikisaran Rp40 ribu perkilogram.

Kondisi itu dianggap hanya akal-akalan para pedagang di pasar saja. Pasalnya harga bawang putih di OKU masih relatif stabil. Hal tersebut dikatakan Danil, Kepala Seksi Komersial Bulog Sub Divre OKU, saat dibincangi, Rabu (8/5).

Baca:  Perayaan Natal, Bupati OKU Ucapkan Selamat Natal kepada Umat Kristiani

Menurut Danil, Sub Divre Bulog OKU saat membeli komersil dengan petani di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) harganya hanya di kisaran Rp 37 ribu – Rp40 ribu.

“Kita ambil di petani OKU Timur seharga Rp37 ribu – Rp 40 ribu. Dan kita jual Rp 41 ribu ke warung-warung dan individu Rp 45 ribu untuk bawang putih. Sedang bawang merah Rp 27 ribu yang dijual pedagang di pasar Rp 35 ribuan,” kata Danil.

Baca:  Wabup OKU Minta Didoakan Agar Semakin Dekat Dengan Allah

Danil juga mengatakan, jika masyarakat OKU ingin membeli bawang putih atau bawang merah, Bulog Sub Divre OKU membuka eceran di pasar beduk depan DPRD OKU.

“Kami juga akan membuka lapak di pasar-pasar untuk jualan. Atau bisa juga langsung ke kantor Bulog,” pungkas Danil.

Sementara itu, Darwita (40) salah satu warga Baturaja mengaku dirinya sangat terbantu dengan adanya Bulog menjual bawang murah.

Baca:  Lurah di OKU Masih Bingung Tentang Pengelolaan Dana Kelurahan

“Iya, sangat terbantu pak, di pasar sudah tidak terjangkau lagi untuk membeli bawang. Saat ini mahal bawang dari pada beras satu kilogram,” kata Darwita.

Dia juga berniat untuk menjadikan bawang putih sebagai bagian dari parcel untuk THR mengingat harga bawang semakin mahal.

“Jika bawang harganya masih segini, mau tak masukkan bawang untuk parcel lebaran,” katanya. #yan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kini Giliran PJKB Sambangi Korban Banjir Bandang Desa Keban Agung

PALI, BP–Demi meringankan beban korban bencana alam banjir bandang, yang terjadi di Desa Keban Agung Kecamatan Mulak Sebingkai Kabupaten Lahat, ...