Home / Headline / Komunitas Pese Fahum UIN Raden Fatah Palembang Hadiri Bedah Buku Pers Perlawanan

Komunitas Pese Fahum UIN Raden Fatah Palembang Hadiri Bedah Buku Pers Perlawanan

Palembang, BP

Komunitas Pecinta Sejarah  (Pese)  Fakultas Adab dan Humaniora (Fahum) UIN Raden Fatah Palembang, menghadiri bedah buku Pers Perlawanan oleh Basilius Triharyanto dan diskusi sejarah  di Kafe Dialogue di Jalan KH Ahmad Dahlan, Palembang Hari Sabtu, (4/5), Mei 2019.

Pada diskusi kali ini, bercerita tentang PERS yang berada di Sumatera Selatan. Pembahasan yang menarik. Pers dalam KBBI , berarti penyiaran berita melalui surat kabar, majalah dan radio dan usaha dalam penerbitan dan percetakan. Karena dalam penjabaran sang pemateri menjelaskan, perjalanan PERS yang ada di Kota Palembang.

Baca:  Bacaleg Mantan Napi Korupsi Diganti

Dalam perajalanan PERS, yang kami simak bahwa dimulai dari masa kolonialisme, pada saat itu ternyata terdapat percetakan yang popular di Palembang. Yang disebut dengan percetakan “MERU”. Meru merupakan percetakan yang lokasinya dulu terletak di Jalan  Sekojo, menurut penulis dan sekaligus pemateri.
Surat Kabar yang pada tahun 1926 di kota Palembang, sangat terkenal surat kabar yang digawangi oleh Meru, yaitu Surat Kabar “Pertja Selatan”. Pertja Selatan merupakan surat kabar yang memilih untuk menentang kolonialisme di Palembang. Pertja Selatan merupakan Koran yang pada tahun nya digandrungi para pembaca di kota Palembang pada zaman nya. Pertja Selatan dalam muatanya juga membahas mengenai pergerakan-pergerakan nasional, seperti PNI dan yang lainnya.
Pertja Selatan telah bertahan selama kurang lebih 36 tahun, (1926-1962). Melihat sepak terjang dari Pertja Selatan sangat mempengaruhi suara rakyat pada saat itu. Dan kini, Pertja Selatan, hanya tinggal sebuah saksi sejarah, dan jejak sejarah dari Pers yang berada di Kota Palembang.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Mantan Hakim MK Sebut Narasi Bambang Widjojanto Berbahaya Sekali

Jakarta, BP–Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Maruarar Siahaan ikut mengomentari pernyataan Tim Hukum Capres-cawapres 02 Prabowo-Sandi, Bambang Widjojanto (BW), mengenai ...