Home / Headline / 27 SMA Se Sumsel Ikuti Lomba Cerdas Cermat Sejarah

27 SMA Se Sumsel Ikuti Lomba Cerdas Cermat Sejarah

BP/Dudy Oskandar
Suasana Lomba Cerdas Cermat Sejarah tingkat SMA se-Sumatera Selatan dalam rangka serbuan teritorial pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019 bertempat di Balai Prajurit Sekanak Palembang, Senin (29/4) berlangsung meriah.

Palembang, BP

Lomba Cerdas Cermat Sejarah tingkat SMA se-Sumatera Selatan dalam rangka serbuan teritorial pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019 bertempat di Balai Prajurit Sekanak Palembang, Senin (29/4) berlangsung meriah.

Ketua Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI ) Provinsi Sumsel, Merry Hamraeny mengatakan , terlaksanakannya LCC Sejarah tersebut karena merupakan hasil kerjasama antara Panglima Kodam II Sriwijaya dengan Asosiasi Guru Sejarah Indonesia Provinsi Sumsel.

Baca:  H Alex Noerdin Nilai Mula Jadi Tampubolon Adalah Sosok Bapak Yang Hebat Dan Sukses

Dalam sambutan Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M.Hum. yang dibacakan oleh Aster Kasdam II/Swj Kolonel Inf Rionardo menyampaikan, dalam rangka menyambut Hardiknas tahun 2019 ini, Kodam II/Swj bekerja sama dengan Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) Cabang Sumsel, Dinas Pendidikan Prov. Sumsel dan Lembaga Budaya Ulu Melayu, mengadakan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Sejarah tingkat SMA se-Sumsel.

“Tujuannya untuk menciptakan sosok generasi muda yang cinta dan bangga akan sejarah bangsanya, mengembangkan semangat kompe­tisi, sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, agar nantinya dapat menjadi generasi yang berkualitas”, kata Pangdam.

Selain itu, Pangdam II/Swj juga menyampaikan, bahwa melalui lomba ini dapat dijadikan wahana untuk membentuk karakter pemuda yang tangguh, karena dalam lomba ini menuntut peserta untuk mampu berpikir secara cepat, cerdas dan tepat dalam menjawab setiap persoalan serta permasalahan yang diajukan.

Baca:  Silaturahmi Dan Temu Kader PKS Sumsel

“Dengan semakin seringnya mengikuti kompetisi, akan semakin banyak pengalaman yang diperoleh sebagai modal dalam mengikuti kompetisi yang lebih besar nantinya”, katanya.

Kepada Dewan Juri dan panitia penyelenggara, agar melaksanakan kegiatan ini dengan penuh rasa tanggung jawab, dengan dilandasi niat yang tulus untuk membangun generasi muda Indonesia yang siap untuk berkompetensi di tengah arus globalisasi dewasa ini, “pungkas Pangdam II/Swj.

Salah satu panitia sekaligus dewan juri Kemas Ari Panji mengatakan sebanyak 27 SMA seluruh Sumsel mengikuti acara tersebut.

Baca:  DPRD Sumsel Minta Jalan Rusak Di OKI Diperbaiki

” Materi yang kita perlombakan adalah materi sejarah, karena kegiatan ini dalam rangka memperingati hari pendidikan Nasional,” katanya.

Pelaksanaan perlombaan berlangsung selama 2 hari , hari ini penyisihan dan besok semifinal dan final.

“Hadiahnya juara I, 2 dan 3 mendapatkan tropi, uang dan piagam pembinaan dan ada perlombaan tambahan yel yel berkaitan dengan materi sejarah yang hadiahnya tropi dan piagam saja,” katanya.

Hadir dalam acara pembukaan (LCC) Sejarat tersebut Aster Kasdam II/Swj Kolonel Inf Rionardo, Plh. Kasiter Korem 044/Gapo Letkol Imam Priharso, Kadisdik Sumsel, Ketua AGSI Cabang Sumsel, Ketua Lembaga Budaya Ulu Melayu, para Guru Pendamping, dan parapeserta Lomba.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Beberapa Kemungkinan Untuk Oposisi

Oleh Alip Dian Pratama, M.H (Direktur Eksekutif  Center for Democracy and Civilization Studies) Kita masih menunggu, kira-kira, setelah adanya pertemuan ...