Home / Headline / Tim DPK Muba Ikuti Kegiatan Bimtek Teknis Strategi Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Tim DPK Muba Ikuti Kegiatan Bimtek Teknis Strategi Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Duta Baca Muba Rojaki sedang menjelaskan pertanyaan dari fasilitator Perpustakaan Nasional.

Palembang, BP–Kembali Tim  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muba dan Duta Baca Muba, Rojaki, M.Pd mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis  Strategi Pengembangan Perpustakaan dan Teknologi Komunikasi dan Informatika (TIK) untuk Layanan Perpustakaan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel 101 Rajawali Palembang ini berlangsung dari Senin (22/4/2019) hingga Kamis (26/4/2019).

 

Acara dibuka oleh Kepala  Biro Perencanaan  Perpustakaan RI Dr Abidin  Bondar dilanjutkan sambutanProf Edwar Januarta, Asisten Setda Prof Sumsel, serta paparan Bapak Addin dari Bappenas. Peserta berjumlah 42 orang, terdiri dari perwakilan perpustakaan provinsi, perpustakaan kabupaten yakni Musi Banyuasin, Musi Rawas, dan OKI  serta pengelola perpustakaan desa dari tiga kabupaten  yang ditunjuk.

Baca:  Literasi Masyarakat Desa Perlu Didorong

 

Tujuan diadakannya Bimtek ini adalah memberi pelatihan kepada pihak pemerintah provinsi dan kabupaten penerima manfaat program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007, peran perpustakaan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dalam peraturan perundangan secara tegas dijelaskan, masyarakat memiliki hak dalam memperoleh layanan dan mendayagunakan fasilitas perpustakaan.Hal ini juga berlaku untuk masyarakat disabilitas yang mempunyai keterbatasan fisik maupun sosial serta masyarakat yang terisolasi dan terpencil. Pemerintah berkewajiban menggerakkan promosi gemar membaca dengan memanfaatkan fasilitas perpustakaan.

 

Selain menciptakan pembelajaran sepanjang hayat, perpustakaan juga berfungsi sebagai tempat belajar masyarakat, wahana dalam mencari informasi, serta rekreasi yang tidak hanya mencerdaskan naumun juga memberdayakan. Ini tentunya memberikan manfaat dan berdampak langsung pada peningkan kualitas dan taraf hidup. Jika masyarakat sudah menyadari dan merasakan secara langsung manfaat layanan perpustakaan bagi kehidupannya, maka dengan sendirinya tingkat kegemaran membaca akan meningkat.Guna meningkatkan kualitas layanan, perpustakaan dapat berkerja sama dengan berbagai pihak, masyarakat, maupun swasta. Peran serta mereka bisa berupa pembentukan, pengelolahan, penyelenggaraan, pengembangan, dan pengawasan. Transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial menitikberatkan pada peningkatan kapasitas pengelola dan masyarakat. Tujuannya agar dalam memberikan layanan, perpustakaan mampu memahami kebutuhan serta memberikan inovasi.

Baca:  Cegah Literasi, Fakultas Tarbiyah UIN Gelar Kompetisi Minat Baca

 

Narasumber Bimtek di antaranya Anang Fitrianto (BPAD DIY), Warih Seto Murti (DPK Wonosono), Legiyanto dan Sri Miati (OKI), Reffinra I.S (Muba) dan Zainal Abidin (Muba),  Rusnini dan Ardi Hidayat (Mura),  Anita Karlina dan Abdur Rahman (Prov. Sumsel) Kegiatan  ini berlangsung selama lima hari dari pukul 08.00 sampai dengan 18.00. Materi pelatihan meliputi strategi pelibatan masyarakat, strateg peningkatan akses masyarakat terhadap layanan komputer dan internet dan strategi advokasi perpustakaan. Pembelajaran menggunakan prinsip pembelajaran orang dewasa sehingga tidak menjemukan. Peserta diminta untuk membuat rencana kerja yang harus diimplementasikan setelah bimtek ini dalam kurun waktu 2 bulan sampai Desember. Ada yang membuat rencana pelatihan komputer dan internet dasar, pelatihan membuat makanan, dan lain sebagainya. #rel

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Mantan Hakim MK Sebut Narasi Bambang Widjojanto Berbahaya Sekali

Jakarta, BP–Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Maruarar Siahaan ikut mengomentari pernyataan Tim Hukum Capres-cawapres 02 Prabowo-Sandi, Bambang Widjojanto (BW), mengenai ...