Home / Headline / Literasi Masyarakat Desa Perlu Didorong

Literasi Masyarakat Desa Perlu Didorong

Sulsel – Tingkat minat baca dan literasi masyarakat di Indonesia khsusnya di daerah-daerah terpencil dan pedesaan masih pelu mendapatkan perhatian lebih dari semua kalangan. Hal ini diungkapkan Founder Sekolah Literasi Desa Ady Akbar Palimbang, Sabtu (27/4), saat melakukan pengabdian pendidikan di Sulawesi Selatan bersama sejumlah aktivis literasi yang berasal dari sejumlah provinsi di Indonesia.

“Hari ini kami bersama sejumlah aktivis dan relawan pendidikan, sekitar dua puluh orang, ada yang dari Jakarta, Kalimantan, dan Sumatera. Niat kami satu, turut serta membangun kualitas literasi dan pendidikan masyarakat desa,” kata Ady Akbar.

Baca:  Tim DPK Muba Ikuti Kegiatan Bimtek Teknis Strategi Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Sekolah Literasi Desa merupakan program yang fokus pada upaya peningkatan kualitas pendidikan masyarakat desa dan sejumlah daerah marjinal di Indonesia. Upaya ini dilakukan melalui skema pendidikan gratis untuk anak-anak desa.

Sekolah Literasi Desa bertugas menjaring, melatih, dan merekrut pemuda-pemuda potensial yang siap menjadi relawan untuk turut serta mendidik dan membina anak-anak di desa sesuai bidang keilmuan masing-masing. Program Sekolah Literasi Desa merupakan program yang bersifat nirlaba. Selain menerjunkan relawan ke masyarakat desa, Sekolah Literasi Desa juga aktif mendistribusikan buku-buku ke sejumlah Taman Baca Masyarakat (TBM) di Indonesia Timur seperti Sulawesi, Papua, dan Maluku.

Baca:  Cegah Literasi, Fakultas Tarbiyah UIN Gelar Kompetisi Minat Baca

 

Ady Akbar membeberkan, pihaknya berencana akan melaksanakan kegiatan pengabdian di Sumatera akhir tahun 2019 mendatang. “Untuk Sumatera, kami akan garap. Kami masih mengumpulkan data, kira-kira kabupaten mana yang akan menjadi lokasi pengabdian,” katanya.

Ketua Dewan Pendiri Sekolah Literasi Desa Ady Akbar Palimbang mengatakan, kegiatan pengabdian tersebut merupakan bentuk kepedulian pemuda terhadap upaya peningkatan kualitas pendidikan masyarakat desa.

Baca:  Cegah Literasi, Fakultas Tarbiyah UIN Gelar Kompetisi Minat Baca

Sebelumnya, pihak Sekolah Literasi Desa telah bekerja sama dengan sejumlah aktivis literasi di Kabupaten Musi Banyuasin. Duta Baca Muba Rojaki Abdillah misalnya, bersama Sekolah Literasi Desa telah mengagagas program donasi buku untuk daerah-daerah marjinal.#rel

 

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Semangat Kemerdekaan, Bupati OI Beri Santunan Kepada Napi di Lapas Tanjungraja Kelas IIA

# Saat Remisi Warga Binaan Inderalaya, BP Sebanyak 435orang napi mendapatkan remisi dari Kemenkumham, remisi tersebut diberikan dalam rangka HUT ...