Home / Pendidikan / Dinobatkan Sekolah Percontohan Wirausaha, SMAN 21 Terus Cetak Lulusan Jadi Pengusaha

Dinobatkan Sekolah Percontohan Wirausaha, SMAN 21 Terus Cetak Lulusan Jadi Pengusaha

(Kepala SMA Negeri 21 Palembang Drs Zulkarnain, MPd saat mendampingi siswa dalam perawatan ternak lelel dalam pogram wirausaha di sekolahnya)

Palembang, BP

Tak bisa dipungkiri, sebagai sekolah percontohan wirausaha, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 21 Palembang terus melahirkan para pengusaha baru dari berbagai bidang. Mulai dari kuliner, kerajinan hingga peternakan.

Bagi yang tak melanjutkan ke Perguruan Tinggi dan memilih berwirausaha, lulusannya kini banyak yang memilih bisnis kuliner makanan millenial. Sebut saja salah satu lulusan yang kini sukses menjadi pengusaha baru dari menjual kripik bayam.

Baca:  Rotan di Dermaga Palembang (1912-1913 )

Berangkat dari hal tersebut, pihak SMA Negeri 21 Palembang terus memberikan inovasi kepada para siswanya untuk lulus dan siap menghadapi kompetisi. Baik dalam hal kompetisi mempersiapkan Perguruan Tinggi maupun menjadi pengusaha di era Revolusi Industri 4.0.

Berbagai pembekalan, termasuk mencetak pengusaha pemula dari berbagai usaha pun dilakukan untuk mencetak pengusaha sejak usia sekolah.

“Ya, sebagai sekolah percontohan wirausaha, SMAN 21 Palembang terus memberikan inovasi untuk mendidik anak menjadi pengusaha. Contohnya kemarin ada anak kita sudah lulus dan punya usaha kripik bayam,”ujar Kepala SMAN 21 Palembang, Drs Zulkarnain MPd, Kamis (25/4).

Baca:  PPKD Kota Palembang Resmi Diserahkan Ke Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI

Lanjut Zulkarnain, bahwa selain melakukan pembinaan dan pendampingan bagi siswa pihaknya juga terus berupaya mencari bantuan pendanaan bagi siswa untuk memberikan sentuhan dan motivasi bagi mereka.

“Contohnya tahun lalu kita dapat bantuan Rp100 juta dari pemerintah, selain kita berikan kepada kelompok siswa melalui usaha pemula kita juga terapkan usaha di sekolah yang dilakukan oleh siswa,”urainya.

Baca:  Rival Abadi Bertarung di Final Takraw

Sebut saja ia menunjukkan tempat ternak lele dan kebun hidroponik yang sengaja dibuat untuk motivasi siswa agar tertanam menjadi wirausaha. Terlepas nanti setelah lulus mau kuliah di Perguruan Tinggi favorit mereka tetapi setidaknya ada pembekalan jiwa pengusaha dari sekolah.

“Jadi ternak lele dan kebun hidroponik ini mereka siswa yang mengerjakan, dan kita guru melakukan pendampingan,”terangnya.

Pihaknya berharap agar terus bisa menjadi pencetak wirausaha pemula di usia sekolah ditengah lapangan kerja yang sangat sulit dan kompetitif saat ini. #sug

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

27 Lulusan SMAN Sumsel Terima Beasiswa Perguruan Tinggi Bergengsi di Indonesia

Palembang, BP Kiprah lulusan SMA Negeri Sumsel, sebagai salah satu sekolah unggulan di Sumsel kini terus meluluskan generasi yang berkualitas ...