Home / Pendidikan / Lolos Sertifikasi Audit Internal, 217 Resmi Sandang Gelar QIA

Lolos Sertifikasi Audit Internal, 217 Resmi Sandang Gelar QIA //Wisuda dan Seminar Nasional Auditor Internal 2019//

(Jajaran Pengurus YPIA dan Panitia Seminat Nasional Auditor 2019 saat menggelar keterangan pers di Hotel Wyndham Palembang)

Palembang, BP

Sebanyak 217 tenaga internal auditor akan diwisuda oleh Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA) dalam rangkaian seminar nasional Internal Auditor 2019 yang digelar hari ini Rabu (24/4) di Ballroom Hotel Wyndham Palembang.

Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA) Darwis A Rahman SE QIA mengatakan total sudah ada 5200 auditor internal di Indonesia yang tersertifikasi dan menyandang gelar Qualified Internal Auditor (QIA).

“Yang terbaru ada 400 yang sudah QIA, besok itu 217 yang diwisuda sehingga total sekitar 5200 tenaga auditor yang tersertifikasi,”ujar Darwis A Rahman saat memberikan keterangan persnya di Hotel Wyndham, Selasa (23/4).

Baca:  Progres Pembangunan Fisik TMMD 104 Kodim Palembang

Turut hadir pada wisuda dan rangkaian seminar nasional Anggota BPK RI sekaligus ketua IKA Unsri Agung Firman Sampurna, Sumiyati dari Inspektur Jendral Kementerian Keuangan, Heri Setianto selaki Presiden Indonesia Chapter and Deputi Menteri Negara BUMN RI, Handry Satriago selaku CEO GE Indonesia.

Lanjut Darwis yang didampingi Direktur Eksekutif YPIA Drs Poedjiono MBA QIA CRMP, Yunial Harun SH QIA dan para Penasehat YPIA lainnya, pihaknya menyayangkan banyak Perguruan Tinggi, BUMN, Perusahaan dan lainnya belum memiliki auditor yang tersertifikasi dan berhak memakai gelar QIA.

Baca:  Kenalkan Manusia Purba Sangiran Di Palembang

Padahal, idealnya di Indonesia masih banyak diperlukan auditor Internal yang tersertifikasi baik tingkat dasar, lanjutan maupun level managerial.

“Menghadapi perkembangan Revolusi Industri 4.0, setiap lembaga, organisasi dituntut untuk dapat segera menyesuaikan diri atau bahkan melakukan langkah antisipasi agar tetap relevan dan tetap tumbuh secara berkelanjutan. Sesuai dengan misi audit Internal menurut IPPF IIA yaitu ”To enhance and protect organizational value by providing risk-based and objective assurance, advice and Insight”, audit lnternaI hams mampu menjalankan misi untuk memberikan asurans, advis, dan pandangan untuk mengantisipasl masa depan,”urainya.

Baca:  Terkendala Latihan di Pelatnas, Tetap Siap Kompetisi

Senada dengan itu dikatakan Direktur Eksekutif YPIA Drs Poedjiono MBA QIA CRMP mengatakan YPIP sudah melakukan pelatihan seritifikasi hingga ke Timor Leste, namun memang harus diakui masih banyak auditor yang harus memiliki sertifikasi QIA.

“Termasuk di berbagai wilayah termasuk di Sumsel. Misal untuk ditingkat Perguruan Tinggi, auditor Internal ada bagian akademik dan keuangan dan itu sangat penting,”urainya.

Diharapkan melalui sertifikasi ini, para auditor yang berdiri secara independen memiliki  peningkatan kompetensi dan profesionalisme dimana pun auditor berada.

“Karena setiap tahun para auditor yang tersertifikasi QIA harus update 60 poin dan seminar nasional ini memiliki 30 poin,”pungkasnya. #sug

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

27 Lulusan SMAN Sumsel Terima Beasiswa Perguruan Tinggi Bergengsi di Indonesia

Palembang, BP Kiprah lulusan SMA Negeri Sumsel, sebagai salah satu sekolah unggulan di Sumsel kini terus meluluskan generasi yang berkualitas ...